Pegiat Literasi Sukabumi Gelar Pelatihan Menulis Kreatif

oleh

MANDARNESIA.COM, Sukabumi — Komunitas Sukabumi Sukabuku — Senin, 2 Januari 2023 Sukabumi Sukabuku menggelar pelatihan menulis kreatif cerita pendek (Cerpen) dan nulis bareng (Nubar). Pelatihan tersebut dilakukan untuk meningkatkan literasi bagi warga Sukabumi.

Pelatihan ini, menghadirkan Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip (Dispusip) Daerah Kota Sukabumi Andri Setiawan sebagai pemantik dan penulis novel Daeng Rioso Adi Arwan Alimin sebagai narasumber.

Andri Setiawan mengatakan, penulisan cerpen merupakan salah satu inti untuk pengembangan awal ide kepenulisan.

Menurutnya, perencanaan membuat sebuah naskah cerpen juga harus disiapkan secara matang.

“Pengembangan pembuatan cerpen khususnya untuk generasi muda dan penulis baru adalah langkah yang paling utama,” kata dia, saat memantik pertemuan interaktif ini.

Andri menuturkan, menulis cerpen tampak mudah, tapi sebenarnya ada tips, trik juga teori yang harus dikuasai penulis. Salah satu yang dapat meningkatkan daya menulis dengan mengikuti kelas kepenulisan.

“Kelas menulis dan membuat cerpen menjadi salah satu wadah untuk mengembangkan minat literasi kepenulisan terutama untuk generasi muda,” sebutnya.

Sementara itu, Adi Arwan Alimin menyebutkan bahwa pertemuan tersebut merupakan kegiatan bersama yang diharap menumbuhkan antusias dalam melahirkan ragam karya tulis.

Pasalnya, peserta Kelas Menulis SukabumiSukabuku ini merupakan komunitas beragam latar yang ingin sharing tentang ide dan cara menulis kreatif.

“Menulis adalah sebuah proses merangkai gagasan. Ide sendiri berasal dari kepedulian penulis pada setiap tema atau konteks,” katanya.

Menurut Adi, tidak ada orang yang secara tiba – tiba langsung pintar menulis. Artinya, dibutuhkan proses belajar untuk menjadi seorang penulis profesional.