BNPB Minta Warga Kembali ke Rumah

oleh

Reporter: Sudirman Syarif

MANDARNESIA, Mamuju — Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto menyampaikan, situasi pasca gempa 5,8 SR di Mamuju sudah terkendali. Pengungsi sudah dapat kembali ke rumah masing-masing.

“Kami ingin menegaskan, sebelum ke sini kami mencari informasi yang valid. Di dunia ini tidak satu pun ilmu mendeteksi kapan terjadinya gempa. Tetapi dengan perkembangan semakin tinggi, BMKG sudah memasang sesar, begitu kejadian kemarin, itu kemudian timbul lagi gempa susulan empat kali,” katanya dalam rapat koordinasi, Kamis (9/6/2022).

Tetapi sambungnya, semuanya menurun, sehingga dipastikan situasi sudah terkendali. Mohon masyarakat tidak panik. “Segera kembali ke rumahnya masing-masing.”

Jika takut ke rumah, ia menyarankan warga membuat tenda di rumah masing-masing.
Meski begitu, BNPB menyarankan agar pemerintah daerah membentuk satgas tanggap darurat. Tujuannya untuk kembali melakukan validasi data dampak gempa 5,8 SR.

“Ditanggap darurat dilakukan penanganan awal. Informasi awal 17 orang luka. Jangan sampai masih ada yang tidak tertangani, cari betul. Seminggu ini cari betul mana yang luka parah, mana gedung yang rusak. BNPB akan membantu, pertama masyarakat dan rumah masyarakat,” jelasnya.

Dia berharap agar edukasi terus berjalan, guna meningkatkan kesadaran masyarakat bahwa Sulbar rawan bencana. “Nanti saya akan kerjasama BMKG, meningkatkan budaya sadar bencana,” ungkapnya. (wm/*)