Anggota Gugus Tugas Provinsi Akui 5 Dokter Positif Covid-19

Reporter: Sudirman Syarif

MAMUJU, mandarnesia.com — Anggota Gugus Tugas Pencepatan Penanganan Covid-19 Sulawesi Barat dr. Ikhwan membenarkan bahwa 5 dokter di Kabupaten Polewali Mandar, Sulbar positif Covid-19.

“Iye… benar,” kata Ikhwan yang dikenal luwes memberikan data dan informasi perkembangan covid-19 di Sulbar kepada wartawan, Rabu (29/7/2020).

Namun, Ikhwan yang dihubungi via WhatsApp lebih memilih irit bicara. Ia hanya menjawab seadanya. “Datanya tidak satu tempat,” balasnya, saat ditanya apakah memiliki data lima dokter yang disebut positif.

Sementara jubir Satgas Covid-19 Polman Andi Suaib Nawawi, dan juru bicara satgas Provinsi Sulbar Safaruddin yang dihubungi melalui sambungan telepon tidak memberi jawaban, juga saat dikonfirmasi via WhatsApp.

Ombudsman Sulbar saat diminta pendapat terkait keterbukaan informasi data pasien positif dari gugus tugas, meminta diarahkan ke KIP.

“Kalau menyangkut informasi, sebaiknya lebih mendorong KIP sebagai bagian dari tupoksi kawan-kawan di sana,” jelas Lukman Umar.

Ketua Komisi Informasi Publik (KIP) Provinsi Sulbar Dul Haj Muchtar Mahmud menyampaikan, dari segi aspek keterbukaan informasi, jelas di UU KI ada kewajiban badan publik membuka informasi, memberikan informasi secara benar dan tepat.

“Saya melihat apa yang dilakukan gugus tugas itu cukup terbukalah, menurut saya. Pertama bahwa gugus tugas telah memberikan informasi terkait perkembangan pasien positif, mulai dari berapa jumlah pasiennya, klasternya. Kemudian penanganan-penanganan yang sudah dilakukan gugus tugas sangat responsif terhadap keterbukaan informasi,” katanya kepada mandarnesia.com melalui sambungan telepon.

Hal tersebut didasari pada surat edaran dari KI Pusat. Setelah dilakukan sinkronisasi dengan hasil yang dilakukan gugus tugas. KI Sulbar melihat aspek-aspek tersebut terpenuhi.

Berdasarkan perkembangan jumlah pasien positif, gugus tugas Covid-19 Sulbar, merilis enam penambahan kasus baru pasien positif, Rabu (29/7/2020). Empat orang dari Polewali Mandar, dan dua orang dari Mamuju.

Baca Juga:  Tahun ke Tahun, Kerusakan Hutan di Sulbar Terus Meluas

Semuanya merupakan pernah melakukan kontak erat dengan pasien yang dinyatakan positif dan melakukan perjalanan dari luar daerah.

Jumlah pasien positif Covid-19 Sulbar 201 orang, 125 telah dinyatakan sembuh, dan 3 orang meninggal dunia.

Ilustrasi : Freepik + Repro

error: Content is protected !!
Open chat
1
Assalamu Alaikum
Ada yang bisa kami bantu?

Gratis Berlangganan, klik Subscribe

Selamat anda telah berlangganan Gratis

There was an error while trying to send your request. Please try again.

mandarnesia.com will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.