Home Mandariana Kia Pelajar yang Tak Mampu Membeli Smartphone

Kia Pelajar yang Tak Mampu Membeli Smartphone

101 views

Reporter : Nurliah Nuhun

WABAH COVID-19 selalu menghadirkan cerita di masyarakat. Ada banyak aspek yang dipengaruhi oleh wabah ini, termasuk keadaan pendidikan. Sejak menyebarnya COVID-19 di Indonesia, hampir seluruh instansi baik negeri ataupun swasta dirumahkan dengan istilah WFH (work from home) atau bekerja dari rumah.

Tidak terkecuali sekolah, dinas pendidikan mengeluarkan aturan bahwa proses pembelajaran tidak diperbolehkan berlangsung di sekolah, para guru dan murid melakukan proses belajar mengajar dari rumah. Ada dua cara belajar yang diberlakukan, yaitu daring (dalam jaringan) dan luring (luar jaringan). Daring dilakukan dengan mengandalkan teknologi semacam smartphone, HP atau laptop. Sedangkan luring dilakukan dengan cara guru mengunjungi rumah peserta didik untuk melakukan proses pembelajaran.

Dari kedua cara di atas, dianggap kurang efektif dibanding dengan proses pembelajaran seperti di sekolah. Tidak sedikit peserta didik yang mengeluh juga orang tua, bahkan akhir-akhir ini bersileweran di sosial media curhatan para ibu-ibu atau orang tua siswa dalam menghadapi belajar di rumah baik luring ataupun daring. Belum lagi keluhan para peserta didik yang masuk dalam kategori tidak mampu karena sekolah memberlakukan proses belajar daring.

Sarkia, berusia 14 tahun adalah satu di antara segelintir anak-anak yang merasa kesulitan dalam proses pembelajaran daring (dalam jaringan). Gadis belia yang biasa dipanggil Kia, tidak seberuntung teman sebaya atau teman sekolahnya, ia mengalami banyak kesulitan dalam melaksanakan proses belajar. Keterbatasan ekonomi keluarga membuatnya tidak memiliki smartphone sebagai penunjang utama melangsungkan pembelajaran. Kia yang merupakan salah satu peserta didik SMPN 2 Tinambung yang duduk di kelas VIII ini merasa sangat tidak nyaman dengan adanya wabah COVID-19. (Lanjut ke Halaman 2)

Baca Juga:  Punya Resep Rahasia? Ikuti Lomba Meracik Produk Lokal Berhadiah Puluhan Juta

error: Content is protected !!
Open chat
1
Assalamu Alaikum
Ada yang bisa kami bantu?