SAKIP-RB Award, Polman Kabupaten Terbaik di Sulbar

oleh

POLEWALI, mandarnesia.com – Pemerintah Kabupaten Polewali Mandar kembali meraih Penghargaan SAKIP BB pada ajang SAKIP-RB Award 2021 Kementerian PAN dan RB. Capaian SAKIP BB ini merupakan yang ketiga kalinya secara berturut-turut yaitu pada SAKIP-RBAWARD 2019 dan 2020.

Capaian ini juga menjadikan Kabupaten Polewali Mandar masih menjadi satu-satunya yang berhasil meraih predikat BB di Sulawesi Selatan dan Barat. Pada aspek Reformasi Birokrasi, Pemerintah Kabupaten Polewali Mandar juga Kembali meraih predikat untuk yang keempat kalinya dan merupakan terbaik di Sulawesi Barat.

AjangSAKIP AWARD 2021, digelar Kementerian PAN dan RB Selasa, 5 April 2022 secara offlinedan virtual dengan mengusung semangat “Synergy Together, Change for Better”.

Kementerian PAN dan RB setiap tahunnya melaksanakan evaluasi atas implementasi Reformasi Birokrasi dan Sistem Akuntabilitas Kinerja kepada seluruh Instansi Pemerintah. Evaluasi ini bertujuan untuk memastikan kemajuan implementasi SAKIP dan RB serta memberikan saran perbaikan bagi Kementerian, Lembaga, Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/ Kota.

Pada Tahun 2021 evaluasi telah dilakukan pada 79 Kementrian dan Lembaga, 34 Provinsi, 494 Kabupaten dan Kota untuk SAKIP, 441 Kabupaten dan Kota untuk RB dengan jumlah 22.000 Unit Kerja. Terdapat kenaikan predikat pada 21 Instansi Pemerintah dengan rincian 16 pemerintah Kabupaten dan Kota dan satu Pemerintah Provinsi naik kepredikat B, satu Pemerintah Kabupaten, satu Kabupaten dan satu Pemerintah Provinsi naik ke Predikat A.

Sebelumnya, Kementerian PAN dan RB telah mengeluarkan Keputusan Menteri PANRB Nomor 86 Tahun 2022 tentang Hasil Evaluasi Kinerja Unit Penyelenggara Pelayanan Publik di Kementerian, Lembaga dan Pemerintah Daerah Tahun 2021.

Berdasarkan Keputusan tersebut, Pemerintah Kabupaten Polewali Mandar Kembali meraih predikat B dengan skor 3,55 dan merupakan Kabupaten yang terbaik di Sulawesi Barat dalam penyelenggaraan pelayanan publik. (Sumber: Warta Kominfo Polman)