Bupati AIM: Jangan Bangga dengan Banyaknya Bantuan Sosial

oleh

LIMBORO, mandarnesia.com – Bupati Polewali Mandar H. Andi Ibrahim Masdar menggelar buka puasa bersama dengan perangkat Kecamatan Limboro, kepala desa dan lurah se-Kecamatan Limboro. Para kepala dusun dan tokoh masyarakat, tokoh pemuda serta tokoh agama, bertempat di Aula Kantor Kecamatan Limboro, Jum’at (08/04/2022).

Acara diawali dengan sambutan Bupati, dilanjutkan tausiah Ramadan dan doa buka puasa oleh Ketua MUI Kabupaten Polewali Mandar K.H.Abdul Syahid Rasyid, makan dan minuman ringan, kemudian Sholat Magrib berjamaah dipimpin ketua MUI dan dilanjutkan dengan Makan bersama, serta Sholat Isya dan Tarwir kemudian ditutup dengan salat witir di Masjid Darulfalah Limboro.

Mengawali sambutannya Bupati Dua periode ini menyampaikan permohonan maaf kepada para camat karena kegiatan safari Ramadan tahun ini dilaksanakan begitu mendadak dan tanpa persiapan khusus mengingat pemerintah pusat hanya memberikan waktu lima hari untuk pelaksanaan Safari Ramadan.

“Setelah Presiden Ir Joko Widodo membuka ruang untuk ibadah bersama atau pejabat boleh melaksanakan safari. 1 Ramadan kami bersama Kepala OPD bergerak cepat menyusun jadwal safari Ramadan 1443 H, tapi kalau kegitan terkait kegiatan keagamaan kita harus selalu siap.” Ujarnya.

Lebih lanjut, Bupati mengharapkan kepada camat, lurah dan seluruh kepala desa untuk terus berinovasi dan merubah paradigma bahwa besarnya bantuan sosial yang masuk ke desa bukanlan sebuah prestasi dan menstimulus warga untuk mandiri terutama pemerintah telah membuka banyak peluang usaha.

“Kita sudah memiliki Pelabuhan Internasional di Silopo, yang melayani jalur kerjasama dengan pemerintah Sabah – Malaysia. Serta Rute Polewali-Kalimantan juga bisa ditempuh kurang dari sehari, peluang Polewali Mandar sangat besar mari kita tangkap peluang ini, berikan edukasi kepada masyarakat untuk menangkap peluang ini, beri mereka pancing jangan ikan, kalau ikan akan habis sedangkan pancing dapat digunakan secara berkala untuk menangkap ikan.” Lanjut AIM.

Selanjutnya Bupati yang dikenal dengan tagline “Bupati Pelayanan Rakyat” ini menyampaikan terimakasih kepada seluruh Masyarakat Polewali Mandar, karna berkat kerjasamanya, pemerintah daerah telah berhasil mendapatkan sederetan capaian dan penghargaan baik Regional maupun Nasional.

“Bulan ini kita berhasil mendapatkan SAKIP BB dari Kementerian PAN-RB, ini merupakan yang terbaik di Sulawesi Selatan dan Barat, selain itu, memasuki tahun ke tujuh Pemerintah saya, kita telah mendapat 128 penghargaan, ini berkat kolaborasi antara Pemerintah Kabupaten, masyarakat dan seluruh stakeholders.” tegasnya.

Ia juga mehhimbau kepada seluruh kepala desa untuk tidak mengganti perangkat desanya dan segera mencairkan dana desa, karena di dalam dana desa ada hak masyarakat.

Kepala desa bekerja maksimal jangan bangga dengan banyaknya bantuan sosial untuk orang miskin.

Terkait ketimpang pembangunan di kantor Kecamatan Limboro, Pemerintah Kabupaten Polewali Mandar sedang mengkaji untuk memekarkan kecamatan baru yang dipisahkan oleh Sungai Mandar. Hal ini turut diaminkan oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Hj A Nursami Masdar, menurutnya pemekaran kecamatan yang baru akan meningkatkan perekonomian masyarakat dan pemerataan pembangunan di seluruh wilayah Polewali Mandar. Ia juga mengatakan bahwa terkait jumlah penduduk dan luas wilayah telah memenuhi syarat. (Rilis)