AIM: Polewali Mandar Strategis untuk Sambut IKN

oleh

MATANGNGA, mandarnesia.com- Seperti pada tahun sebelumnya, memasuki bulan suci Ramadan Bupati dan Wakil Bupati Polewali Mandar rutin akan mengunjungi desa dan kelurahan di 16 kecamatan Kabupaten Polewali Mandar.

Setelah sempat tertunda selama dua tahun akibat pandemi Covid-19 safari Ramadan kali ini merupakan pertama dilakukan Bupati Polewali Mandar sebagai rangkaian safari Ramadan yang telah dijadwalkan akan dikunjungi sepanjang bulan suci ini di tahu 1443 H.

Kegiatan Safari Ramadan ini dilakukan setelah mendapat lampu hijau dari presiden Joko Widodo, sebagi upaya memberikan pembinaan pemahaman keagamaan dan sosial kemasyarakatan, serta menangkap keluhan dan aspirasi masyarakat yang ada di wilayah Kabupaten Polewali Mandar.

Safari Ramadan 1443 H diawali dari Kecamatan Matangnga, daerah terluar di Kabupaten Polewali Mandar, meski merupakan daerah terluar, Andi Ibrahim Masdar cukup sering berkunjung ke wilayah ini terlebih infrastruktur jalan yang sudah semakin baik, sudah tujuh kali ia berkujung ke Matangnga sejak pembangunan jalan poros Bulo – Matangnga selesai dikerjakan.

“Sejak Pembangunan jalan poros Bulo- Matangnga rampung, saya sudah 7 (tujuh) kali berkunjung ke tempat ini, saya ingat betul saat awal masa kepemimpinan saya di Polewali Mandar, ketika ke Matangnga, kita harus menempuh perjalanan 4 (empat) atau 5 (lima) jam, itupun harus dengan mobil khusus, bahkan kadang kita harus menginap.” ujarnya.

Dalam sambutanya Bupati yang akrab disapa AIM menyampaikan kepada seluruh Masyarakat Matanganga untuk bersiap menyambut Ibu Kota Negara Baru. Menurutnya Polewali Mandar merupakan daerah starategis penunjang IKN yang Baru dan menantang camat dan para kepala desa untuk berinovasi untuk membantu peningkatan kesejahteraan masyarakat, terutama di sektor sumber daya alam.

“Kita sudah memiliki Pelabuhan Internasional Silopo, selain sudah membuka jalur kerjasama dengan pemerintah Sabah – Malaysia, Rute Polewali Kalimantan juga bisa ditempuh kurang dari sehari. Peluang Polewali Mandar sangat besar mari kita tangkap peluang ini, berikan edukasi kepada masyarakat untuk menangkap peluang kita sebagai daerah penyangga ibukota.” Jelasnya.

Kegiatan safari Ramadan di Kecamatan Matangnga dirangkaikan dengan, kegiatan buka puasa bersama di pekarangan kantor Camat Matangnga yang juga dihadiri kepala desa dan lurah se Kecamatan Matangnga, kepala dusun, serta tokoh masyarakat, lalu dilanjutkan dengan salat tarawih berjamaah di Masjid Babutaqwa.

Turut Hadir Asisten Administrasi Umum, Kepal Dinas PMD, Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Kepala Badan Keuang, Kepala Dinas Kominfo, Kepala Dinas Perhubungan, Kepala Dinas PPKBP3A, Kepala Dinas Perindag Koperasi dan UKM.

Dalam kegiatan safari Ramadan ini Bupati Polewali Mandar dua periode ini juga memberikan bantuan pembangunan musallah Kantor Camat Matangnga, juga Rp. 20 juta untuk Masjid Babutaqwa Matangnga.

Pada kesempatan salat tarawih berjamaah Bupati menyampaikan Arahan dan serta capainnya selamat menjabat sebagai Bupati Polewali Mandar, terutama di bidang pembangunan.
Menurutnya Polewali Mandar merupakan satu dari sedikit kabupaten yang bisa terus membangun infrastruktur dan saran prasarana meski ditengah pandemi Covid-19.

Salah satu warga Matangnga, Bahtiar (50th) menyampaikan, terimakasih kepada bupati atas kunjungan kesekian kalinya ke Matangnga, menurutnya setiap AIM berkunjung, selau ada perubah yang baik di wilayahnya.

“Beliau selalu memberikan bantuan atau setidaknya meninjau atau meresmikan fasilitas umum. Sekarang Matangnga bisa ditempuh hanya dalam satu jam, atau satu setengah jam dari pusat pemerintahan Kabupaten Polewali Mandar.” Ungkap Bahtiar. (Rilis)