Angka Kematian Akibat Kecelakaan Meningkat

oleh
Angka Kematian Akibat Kecelakaan Meningkat -
Kapolda Sulbar/Foto: Ayub Kalapadang

MAMUJU – Hasil riset Badan Kesehatan Dunia World Healt Organization (WHO) menyatakan, angka kematian akibat kecelakaan di dunia cukup tinggi, yakni 1,24 juta orang korban meninggal dunia setiap tahunnya.

Hal tersebut disampaikan Kapolda Sulawesi Barat Brigjen Pol. Nandang, dalam acara Launcing Tahunan Keselamatan Untuk Kemanusiaan Tahun 2017-2018 yang diadakan Direktorat Lalu Lintas Polda Sulbar di Anjungan Pantai Manakarra Mamuju, Selasa (8/8/2017).

“Angka ini terus bertambah jika tidak dilakukan langkah-langkah konkrik karena diperkirakan naik menjadi 1,9 juta pada tahun 2020,” sebutnya.

Menurut Nandang, berdasarkan sumber data Polri pada tahun 2016 telah terjadi kecelakaan lalu lintas sebanyak 105.374 kasus dengan korban meninggal dunia 25.859 atau 71 orang perharinya.

[perfectpullquote align=”full” cite=”” link=”” color=”” class=”” size=””]”Angka ini menyatakan bahwa tingkat fatalitas kecelakaan di jalan raya merupakan penyebab kematian. Di mana hasil evaluasi rata-rata didominasi usia produktif antara 16-30 tahun,” tuturnya.[/perfectpullquote]

Sementara di Wilayah Provinsi Sulawesi Barat jumlah kecelakaan sampai bulan Juni tahun 2017 mengalami peningkatan.

“Tren kecelakaan sebanyak 67 persen dibanding pada tahun sebelumnya. Sedangkan jika dilihat dari kasus penyebabnya korban meninggal dunia sampai dari tahun 2017 sebanyak 75 orang atau rata-rata dua jiwa perharinya,” simpul Nandang.

#AyubKalapadang/BusriadiBustamin