Tingkatkan Derajat Kesehatan Melalui Literasi

oleh
Tingkatkan Derajat Kesehatan Melalui Literasi -
Foto: Agung Agung Hidayat Mansur

Laporan: Agung Hidayat Mansur

BALANIPA-Akper YPPP Wonomulyo, Kabupaten Polewali Mandar (Polman), bersama komunitas Teater Kakanna melaksanakan Literasi Kesehatan di kampung Literasi Desa Bala, Kecamatan Balanipa.

Kegiatan dilaksanakan, pada Sabtu (22/7/2017), dengan tema Mewujudkan Masyarakat Sehat. Ini dilakukan sebagai upaya dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Dirangkaikan dengan pemeriksaan gula darah, pameran kesehatan oleh mahasiswa Akper YPPP Wonomulyo, pementasan teater ‘Literasi Epilepsi’ oleh Komunitas Teater Kakanna, serta penandatanganan MoU Akper YPPP dengan pemerintah desa sebagai desa binaan dari Akper YPPP Wonomulyo.

“Literasi kesehatan ini dilaksanakan sebagai upaya peningkatan derajat kesehatan masyarakat melalui literasi kesehatan,” ucap Agusnia Hasan Sulur Direktur Akper YPPP Wonomulyo.

Sementara itu, salah satu dosen Akper YPPP Womulyo Fredy Akbar K mengatakan, melestarikan kesehatan bertujuan untuk memberikan pemahaman terhadap masyarakat.

[perfectpullquote align=”full” cite=”” link=”” color=”” class=”” size=””] “Pemahaman masyarakat tentang penyakit di kalangan masyarakat sangat kurang. Karena masih banyaknya masyarakat yang tidak paham tentang penyakit yang ada seperti epilepsi (mate mate manu, dalam bahasa Mandar) yang sering di salah artikan oleh masyarakat,” tutur Fredy.   [/perfectpullquote]

Kata Fredy, melalui kegiatan tersebut pihaknya berupaya mensosialisasikan kepada masyarakat tentang epilepsi.

“Dimana masyarakat memahami epilepsi sebagai penyakit yang menular. Padahal, epilepsi bukanlah penyakit yang menular namun suatu gangguan sistem syaraf otak pada manusia serta tidak menular. Bagi orang yang menderita epilepsi sebaiknya jangan dihindari karena ini dapat membuat psikologis terganggu,” jelasnya.