Program Sipamandar Akper YPPP di Balanipa

oleh
Program Sipamandar Akper YPPP di Balanipa -
Foto Agung

Laporan: Agung Hidayat Mansyur

BALANIPA- Akademi Keperawatan (Akper) YPPP Wonomulyo melaksanakan Praktek Kerja Lapangan (PKL) di Desa Bala, Kecamatan Balanipa, Kabupaten Polewali Mandar (Polman). PKL kali ini bertema Kolaborasi Peran Perawat Dalam Gerakan Membangun Desa Sehat ‘Sipamandar’ yang dilaksanakan mulai 11 hingga 23 Juli 2017.

Dalam pelaksanaan PKL tersebut diharapkan dapat menerapkan teori dari kampus secara langsung di masyarakat, khususnya dalam bidang kesehatan. Adapun langkah awal yang dilakukan mahasiswa PKL Akper YPPP Wonomulyo, yakni dengan melakukan survei mawas diri kepada masyarakat desa, guna untuk menemukan permasalahan di kalangan masyarakat.

Dari survei itu, ada beberapa masalah yang ditemukan, seperti tingginya pengguna rokok pada remaja dan tingginya angka pernikahan dini. Sehingga, perlu dilakukan program kerja untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Program kerja yang telah terlaksana, yaitu pembentukan Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIKR) Desa Bala. Organisasi ini dikelola oleh remaja yang bertujuan membentuk remaja yang sehat dan terhindar dari NAPZA, HIV dan AIDS. Serta memberikan pemahaman tentang pentingnya menjaga kesehatan, kebersihan tubuh, dan menghindari pernikahan dini untuk mencegah terjadinya percepatan populasi penduduk.

Dalam pembentukan organisasi remaja tersebut mendapatkan respon positif dari masyarakat Desa Bala dan juga pemerintah
setempat. Sabtu (7/7/2017) kemarin, di pantai Palippis pengurus PKIR resmi dilantik oleh Kepala Desa Bala, Abd Basit.

[perfectpullquote align=”full” cite=”” link=”” color=”” class=”” size=””]“Kami mengharapkan kepada PIK R Desa Bala dapat memberikan manfaat dan membantu pemerintah Desa Bala untuk mengorganisir remaja yang memiliki jiwa dan kepribadian yang baik dan menjaga nama desa,” harap Abd Basit. [/perfectpullquote]

Hadir dalam pelantikan, Direktur AKPER YPPP, Sekcam Balanipa, Ketua Pendamping Desa Bala, dan para Kepala Dusun di Desa
Bala.

Usai pelantikan, dilanjutkan pelatihan pendidikan sebaya untuk pengurus organisasi remaja itu. Narasumber yang hadir Fredy Akbar K .S.Kep.Ns.M.Kep (Dosen AKPER YPPP), Muhammad Ridwan .S.Ag.M.Si (Guru di SMA N 1 Polewali), Agung Hidayat Mansur (Duta Mahasiswa Genre Polewali Mandar), dan Nanang H, Babinsa Bala. (*)

Adv.