fbpx

Polewali Mandar ‘Borong’ Penghargaan Adiwiyata

Jakarta, mandarnesia.com-Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan kembali memberikan penghargaan kepada sekolah-sekolah di Indonesia yang berprestasi dalam bidang pengelolaan lingkungan sekolah.

Permen nomor 05 tahun 2013 menyebutkan bahwa ada 4 (empat) kompenen yang menjadi penilaian sekolah yaitu aspek kebijakan sekolah yang berwawasan lingkungan; aspek kurikulum sekolah berbasis lingkungan; aspek kegiatan sekolah berbasis partisipatif; dan aspek pengelolaan sarana dan prasarana.

Sebanyak 279 sekolah yang mendapatkan penghargaan Adiwiyata Nasional dan 117 Sekolah yang yang mendapatkan Adiwiyata Mandiri di tahun 2018 ini.

Penyerahan Penghargaan Adiwiyata Nasional dan Mandiri Tahun 2018 dilaksanakan di Auditorium Dr. Ir. Soedjarwo, Gedung Manggala Wanabakti Jl. Gatot Subroto, Jakarta Pusat Jum’at, (21/12).

Sulawesi Barat mendapatkan 4 (empat) penghargaan Adiwiyata Nasional dan Mandiri, 3 (tiga) sekolah dari Polewali Mandar berhasil menyabet penghargaan tersebut adalah SMPN 3 POLEWALI, SMAN 1 POLEWALI, MAN POLEWALI, dan dari Kabupaten Majene hanya satu yang berhasil membawa pulang penghargaan tersebut yaitu SDN NO. 19 LUAOR.

Hikmah, selaku Kepala Bidang Penataan dan Peningkatan kapasitas Lingkungan Hidupa kabupaten Polewali Mandar melalui sambungan WA menyebutkan bahwa Sekolah Adiwiyata adalah sekolah peduli dan berbudaya lingkungan yang akan melahir generasi berkarakter.

“Ini adalah peranan sektor Dinas Lingkungan hidup, Dikbud dan Kemanag menjalankan masing-masing fungsi sebagai tim pembinaan Adiwiyata, dan Pemerintah Kabupaten Polewali Mandar menglokasikan anggaran untuk mendukung program sekolah Adiwiyata” sambung Hikmah.

Lanjut disebutkan Hikmah bahwa harapan untuk meningkatkan sekolah Adiwiyata adalah tim pembina Adiwiyata bisa lebih banyak memberikan pendampingan ke sekolah. Mengajak dunia usaha atau phak BUMN uyk terlbat dlm pengelolaan lingkungan hidup di sekolah.

“Target kedepan agar kita dapat menjadikan semua sekolah di Polewali Mandar menjadi Sekolah Adiwiyata kabupaten dengan target 400 sekolah hingga 2024. Saat ini hingga tahun 2018 hampir 100 sekolah yang tersentuh program ini” Pungkasnya.

Baca Juga:  Gebyar Pajak Daerah Polewali Mandar

Humas & Protokoler Pemkab Polewali Mandar

Komentar Anda
error: Content is protected !!