Mengenal Golla Kambu dari Mandar, Sulawesi Barat

oleh

Oleh: Indah, Mahasiswa Unasman

Makanan khas tradisional yang dapat kita temukan di Mandar cukup beraneka ragam. Baye atau golla kambu adalah panganan tradisional yang telah banyak dijual. Bagi orang Mandar mereka menyebutnya “Baye atau Golla Kambu” makanan khas lokal Mandar dengan aneka ragam rasa. baye atau golla kambu salah satu dari sejumlah makanan khas Mandar yang turut memperkaya wisata kuliner di Polewali Mandar.

Ibu Minah (33) menyebutkan bahwa Baye atau golla kambu ini adalah makanan ciri khas dari Mandar dan makanan ini telah dikenal di masyarakat Sulbar maupun dari luar Sulbar. Bahkan, orang sudah banyak memesan panganan ini, sebagai oleh-oleh saat melakukan perjalanan. Karena rasa dan aromanya yang khas, hingga lahir sebuah anekdot, “kalau belum makan Golla Kambu atau Bayenya orang Mandar, sama artinya kamu belum pernah menginjakkan kakinya di Mandar. Dan kalau sudah pernah mencicipinya pasti kamu selalu ingin kembali ke Mandar

Sehingga tidak heran, Baye dan Golla Kambu menjadi produk kerajinan tradisonal andalan untuk wisata kuliner di Polman. Baye terbuat dari gula aren, beras ketan dan kelapa yang dikombinasikan rasa tertentu untuk menambah aroma sedap yang  menggugah selera untuk segera mencicipinya. Rasanya yang sederhana juga harganya cukup terjangkau bagi para pengunjung. Untuk mempertahankan rasanya yang khas, Baye masih tetap dibuat secara tradisional. Bahan-bahan dasar, seperti kelapa, beras ketan, kacang dan durian, tidak sulit didapat di Polewali Mandar.

Baye juga merupakan salah satu makanan ringan yang dikenal  di suku-suku lainnya di sulawesi. Jenis makanan ini termasuk jenis makanan ringan, Baye juga selalu ada pada setiap hajatan masyarakat, serta Baye juga merupakan makanan alternatif para perantau. karena Baye bisa bertahan lama selama perjalanan. Baye juga ada beberapa jenis diantaranya Baye pulu/ketan dan Bayekambu.

Baca Juga:  Bimbingan Perpustakaan Digital di Desa Kuajang

Makanan tersebut menjadi jajanan utama bagi wisatawan yang berkunjung ke Mandar. Rasanya yang manis dan teksturnya yang lengket membuat para penikmat Golla Kambu meningkat dari hari ke hari.

Golla Kambu terbuat dari beras ketan, parutan kelapa, kacang tanah yang sudah disangrai dan gula merah. Kandungan buah kelapa dan kacang tanah di kuliner satu ini menghasilkan cita rasa gurih, inilah yang membuatnya berbeda dari makanan lain.

Pembuatan Golla Kambu diawali dengan mengukus beras ketan selama 30 menit. Selanjutnya untuk menghasilkan rasa manis, gula merah dilarutkan secara terpisah dengan cara merebusnya dalam air mendidih. Kemudian ketan, larutan gula merah dan parutan kelapa dicampurkan dan diaduk rata hingga meresap. Setelah itu, kacang tanah yang sudah disangrai ditambahkan ke dalam adonan sehingga memberi cita rasa lezat yang khas pada Golla Kambu.

Setelah itu adonan ini kemudian dibungkus dengan daun pisang yang sudah agak kering, menjadi bungkusan kecil-kecil. Makanan ini bisa tahan lama meskipun tidak menggunakan bahan pengawet. Inilah keunikannya, Golla Kambu mampu bertahan hingga berbulan-bulan walaupun hanya menggunakan pembungkus dari daun pisang kering.

Permintaan konsumen terhadap Golla Kambu sangat tinggi ketika bulan ramadan tiba karena makanan ini dijadikan sebagai salah satu menu untuk berbuka puasa. Makanan ini juga sering dijadikan oleh-oleh ketika wisatawan berkunjung ke Kabupaten Polewali Mandar, Provinsi Sulawesi Barat.

Golla Kambu populer di kalangan wisatawan, selain karena merupakan makanan khas setempat, harganya pun cukup terjangkau, dari Rp 10.000 sampai Rp 15.000 per kemasan dengan isi 20 sampai 25 biji. Di sepanjang jalan Poros Majene dan Polewali Mandar kita akan menemukan banyak kios dan warung yang menyediakan makanan ini. Golla Kambu juga cukup mudah dicari di daerah Polewali, Polewali Mandar.

Jadi jika Anda berkunjung ke Polewali Mandar, luangkan waktu untuk membeli oleh-oleh Golla Kambu nan lezat ini. Namun bagi Anda yang belum berkesempatan datang ke sana, Anda bisa mencoba membuat sendiri panganan ini. Berikut ini resepnya.

Baca Juga:  SMiLE TRAIN Kerjasama Pemkab Polman Operasi Bibir Sumbing

Bahan yang digunakan :

  • 150 gram beras ketan, diamkan 1 jam
  • 70 ml air
  • ¼ sendok teh garam
  • 150 gram gula merah
  • 150 ml air
  • 100 gram kelapa parut kasar
  • 50 gram kacang tanah kupas, disangrai, di cincang kasar

Cara membuat :

  • Kukus beras ketan 30 menit
  • Panaskan 70 ml air. Masukkan beras ketan dan garam, aduk hingga meresap, sisihkan
  • Rebus gula merah hingga larut, saring
  • Masak lagi hingga mendidih, masukkan beras ketan dan kelapa, aduk rata hingga meresap, tambahkan kacang aduk sebentar lalu angkat
  • Adonan dibungkus dengan daun pisang kering, resep ini untuk sepuluh bungkus golla kambu

Baye atau golla kambu ini biasanya dijumpai di berbagai acara seperti acara aqiqah, acara sunnah, dan juga acara pernikahan. Namun pada masa ini kalian dapat menemui makanan khas mandar ini di pasar-pasar tradisional.

Foto Utama: (dapurimah.blogspot)

Adv.