Katiri Mandi, Kuliner Kenyal Berkuah Larutan Gula Aren

oleh

Oleh: Lisna, Mahasiswa Unasman

Katiri mandi, salah satu kue basah khas Mandar. Sulawesi Barat. kue katiri mandi ini merupakan salah satu kue tradisional yang memiliki cita rasa tersendiri, lembut, kenyal dan mudah dibuat. Kue ini sangat khas dan unik, cita rasanya yang begitu enak dan manis, kuah yang melengkapi membuat kue menjadi lebih istimewa.

Dalam simakterus.com katiri mandi juga salah satu kue khas bugis, disebut dengan kue bugis mandi karena ciri khas dari kue ini adalah dihidangkan bersama rendaman atau siraman saus santan yang kental, selain isian parutan kelapa, kacang hijau juga dapat menjadi pilihan untuk membuat kue bugis mandi aneka ragam warna dengan citra rasa yang enak.

Keistimewaan dari kariti mandi ini selain dari rasanya yang manis katiri mandi juga memiliki rasa yang kenyal dari tepung kentan dan siraman saus yang kental membuat rasa lebih enak. Untuk membuat katiri mandi, silahkan disimak resep dan caranya di bawah ini.

Bahan-bahan yang diperlukan dalam pembuatan katiri mandi

  1. Tepung ketan
  2. Air kapur sirih
  3. Air hangat
  4. Garam
  5. Santang kental
  6. Daun pandan
  7. Gula merah

Langkah-langkah pembuatan katiri mandi

  1. Campur tepung ketan, kapur sirih dan tambahkan sedikit garam
  2. Masukkaan air hangat sedikit demi sedikit aduk-aduk hingga menjadi adonan yang dapat dibentuk
  3. Bentuk adonan sesuai selerah,tapi kebanyakan membentuk bulat karena lebih ganpang .lakukan sampai adonan habis.
  4. Rebus santan,gula merah, dan tambahkan sedikit garam,masukkan juga beberapa potongan daun pandan sebagai tambahan aromah wangi pada katiri mandi
  5. Sementara itu masak air dalam panci,rebus sampai mendidih.masukkan adonan tepung ketan yang sudah kita bentuk-bentuk tadi.
  6. Jika adonan tepung ketan sudah muncul dipermukaan,maka langsung angkat adonan tersebut dan masukan ke dalam rebusan santan dan gula merah.
  7. Masak lagi dengan api sedang sampai mendidih.
  8. Tambahkan larutan tepung ketan,masak sampai meletup-letup.dan katiri mandi siap saji.

Katiri mandi ini banyak kita temukan di rumah-rumah masyarakat apalagi saat ramadan tiba. karena cara pembuatannya sangat mudah dan tidak memerlukan bahan yang banyak dan yang pastinya enak.

Foto Utama: cookpad.com