Habsi Irwan-Tina Ado Bakal Mendaftar di Hari yang Sama

Reporter: Sudirman Syarif

MAMUJU, mandarnesia.com — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mamuju telah menerima surat pemberitahuan kedua bakal calon yang akan bertarung di Pilkada 9 Desember 2020. Baik petahana Habsi Wahid- Irwan Pababari maupun penantang Sitti Sutinah Suhardi-Ado Ma’sud, rencananya akan mendaftar di hari yang sama.

Komisioner KPU Mamuju Ahmad Amran Nur menyampaikan, kedua bakal calon tersebut rencananya akan mendaftar di hari Sabtu tanggal 5 September 2020. Namun keduanya akan datang dengan waktu yang berbeda.

“Sutina-Ado jam 9.00 pagi. Habsi-Irwan pukul 14.00 siang. Beda jam, tidak akan saling mengganggu, karena satu datang pagi dan satu siang,” katanya kepada mandarnesia.com, Selasa (2/9/2020).

Berdasarkan tahapan, pendaftaran bakal calon akan dimulai tanggal 4 hingga 6 September 2020. KPU Mamuju sudah hampir merampungkan persiapan untuk penerimaan pendaftaran. “Persiapan sudah 99 persen, termasuk untuk protokol kesehatan,” jelas Amran.

Bakal calon bupati Sitti Sutinah Suhardi menyampaikan alasan mendaftar di tanggal 5 dinilai hari tersebut merupakan hari baik.

“Kita akan tetap mematuhi ptorokol covid-19, apa yang disampaikan KPU maksimal 50 orang. Jadi mungkin 50 itu di antara ketua partai dan sebagian ketua-ketua tim relawan. Kalaupun nanti ada massa kita, karena di kecamatan juga sudah banyak yang menanti untuk ikut pendaftaran, kita tetap ikut protokol covid-19,” kata Sutinah kepada mandarnesia.com, Rabu (2/9/2020).

Untuk syarat-syarat yang akan diajukan ke KPU. Tina menyimpulkan telah mengantongi 10 rekomendasi partai yang memiliki 13 kursi di DPRD Mamuju. “Alhamdulillah semua partai di parlemen dan non parlemen sudah memenuhi syarat minimal 6 dukungan kursi. Karena kita sudah dapat 13 kursi, Insya Allah sudah memenuhi syarat (Pendaftaran),” ungkapnya.

Sepuluh partai yang dimaksud, Partai Demokrat, PDIP, Gerindra, PAN, PKS, PBB, Gelora, PKB, PKPI, dan PSI. Habsi Wahid yang ditanya wartawan terkait jadwal pendaftaran di KPU usai menggelar Sahabat Rakyat di salah satu cafe di Mamuju mengatakan, belum bisa memastikan waktu pendaftaran.

Baca Juga:  Irwan: Dukungan Tokoh ke Kami Representasi Keberagaman Mamuju

“Saya serahkan kepada panitia. Insya Allah di antara tanggal empat, lima dan enam itu,” kata Habsi.

Sumber foto: KPU Mamuju

redaksi

MANDARNESIA.COM sebuah organisasi media yang bertujuan mendorong perbaikan mutu jurnalisme. Gagasan besar ini untuk merespon makin tumbuhnya jurnalistik, dan media baru di Indonesia. Akses jaringan internet dan sarana yang mudah dijangkau saat ini memberi peluang bagi siapapun untuk bertindak apapun termasuk dalam memanfaatkan celah industri media baru, yakni proses media yang sangat berbeda dari metode jurnalistik sebelumnya.

error: Content is protected !!
Open chat
1
Assalamu Alaikum
Ada yang bisa kami bantu?