Unasman Suksesi Rektor, Dr. Chuduriah-Dr. Harli Paparkan Visi Misi

oleh

Laporan: Naim Irmayani

Polewali, mandarnesia.com — Dua calon Rektor Universitas Al Asyariah Mandar (Unasman) Periode 2022-2026 memaparkan visi dan misinya di hadapan Anggota Senat dan Civitas Akademika Universitas Al Asyariah Mandar. Agenda ini berlangsung di Gedung Mahkamah Konstitusi Unasman, Rabu, (13/4/ 2022).

Sebuah kepemimpinan memang lumrah jika kepemimpinan berakhir masa jabatan dan diganti calon baru. Seperti itu pula Universitas Al Asyariah Mandar di bawah nahkoda Dr. Hj. Chuduriah Sahabuddin. Unasman yang dulu bernama STKIP merupakan kampus swasta yang masih bertahan dan mampu bersaing pada kuatnya pengaruh kampus negeri yang ada di Sulawesi Barat saat ini.

Menurut Ketua Panitia pemilihan Rektor Unasman Dr. Aco Dahrul Saharuddin, M.Si, terdapat 13 item persyaratan yang wajib dimiliki oleh bakal calon Rektor Unasman. Diataranya telah berpangkat minimal Lektor dan berpendidikan minimal Doktor. Kedua calon Rektor Unasman yang telah lolos penjaringan, verifikasi dan penetapan yakni Dr. Hj. Chuduriah Sahabuddin, M.Si dan Dr. Harli A. Karim, SP. MP. Chuduriah merupakan Rektor Unasman saat ini dan Harli A. Karim saat ini merupakan Ketua Program Studi Agroteknologi Unasman.

Sebelum penyampaian visi misi kedua calon rektor Unasman melakukan pengambilan nomor urut. Harli A. Karim mendapatkan nomot 1 dan Chuduriah Sahabuddin nomor urut 2. Nomor urut 1 terlebih dahulu menyampaikan visi misi dan program kerjanya. Menurut Harli Unasman selama ini telah banyak melakukan inovasi dan pengembangan. Namun demikian, masih perlu pembenahan di sana-sini. Dalam menyampaiannya Harli mengatakan dunia perguruan tinggi dituntut untuk cepat beradaptasi perubahan-perubahan yang sangat cepat. Olehnya itu menurut Harli Unasman ke depan dibangun melalui “Learning Organization”.

Kesempatan kedua dimiliki Chuduriah Sahabuddin. Dalam penyampain visi misinya menyampaikan capai-capain yang telah diraih oleh Unasman selama 5 tahun terakhir. Salah satunya adalah membawa Unasman meraih akreditasi Sangat Baik (B) dari Badan Akreditasi Nasional (BAN-PT) sejak tahun 2018.

Selain itu menurut Chuduriah, Unasman selama ini terus berupaya meningkatkan SDM terutama mendorong dan memberikan kesempatan kepada dosen-dosen Unasman untuk melajutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi. Menurutnya sekitar 10 orang dosen Unasman sedang melanjutkan program doktor di berbagai perguruan tinggi ternama.
Kini Unasman membina 13 Program Studi antara lain : Agroteknologi, Agribisnis, Peternakan (FIP), Pendidikan PPKN, Bahasa Indonesia, Matematika (FKIP), Teknik Informatika, Sistem Informasi (FIKOM), Ilmu Pemerintahan, Ilmu Komunikasi (FISIP), Hukum Ekonomi Syariah, Manajemen Pendidikan Islam (FAI) dan Fakultas Kesehatan Masyarakat.

Berikut riwayat pendidikan kedua calon Rektor Unasman Periode 2022-2026
Dr. Hj.Chuduriah Sahabuddin, M.Si
Dr. Harli A. Karim, SP. MP

Dr. Chuduriah: S1, Pendidikan Bahasa Inggris IKIP Ujung Pandang
S2, Ilmu Komunikasi Universitas Hasanuddin
S3, Ilmu Sosial, Politik, Humaniora Universitas Negeri Makassar.

Dr. Harli: S1, Agronomi Universitas Hasanuddin
S2, Agroteknologi Universitas Islam Makassar
S3, Ilmu Pertanian Universitas Hasanuddin

Menurut Ketua Senat Unasman Prof. Dr. Sukadji Sarbi, MS. penjaringan dimulai sejak Februari 2022 dan saat ini telah memasuki babak akhir pencalonan. Setelah menyampaian visi misi calon Rektor Unasman akan dilanjutkan dengan pemilihan oleh Senat dan penyerahan hasil ke yayasan pada tanggal 20 April 2022 Direncanakan akan dilaksanakan penetapan oleh yayasan. Tahapan akhirnya adalah pelantikan Rektor Unasman terpilih. (*)