Selamat Datang Jenderal Andika Perkasa di Sulawesi Barat

oleh

Reporter: Sudirman Syarif

MAMUJU, mandarnesia.com — Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa bersama rombongan tiba di Bandara Tampa Padang Mamuju, Kamis, (12/5/2022).
Orang nomor satu TNI ini menggunakan pesawat militer Boeing 737.

Kedatangannya untuk meninjau pembangunan rumah dinas TNI AD di Makorem 142 Tatag.
Kapolda Sulbar Irjen Pol Verdianto mengucapkan terima kasih, dan selamat datang sekaligus rasa bangga kepada Panglima TNI beserta rombongan yang meluangkan waktu untuk berkunjung ke Sulawesi Barat.

Kedatangan Panglima TNI Andi Perkasa juga disambut Kepala Kejaksaan Tinggi Sulawesi Barat, Didik Istiyanta, SH., MH.
Dalam foto dari akun Kejati Sulbar, kedatangan Panglima TNI disambut oleh pihak Pemprov Sulawesi Barat diwakili Asisten III Bidang Administrasi Umum, Muh. Jamil Barambangi.

Dalam situs Wikipedia Jenderal TNI Muhammad Andika Perkasa, S.E., M.A., M.Sc., M.Phil, Ph.D. memiliki nama lahir Fransiskus Xaverius Emanuel Andika Perkasa lahir 21 Desember 1964. Adalah seorang perwira tinggi TNI Angkatan Darat yang menjabat sebagai Panglima Tentara Nasional Indonesia sejak tanggal 17 November 2021, menggantikan Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto.

Andika lulusan Akademi Militer tahun 1987. Sebelumnya, dia menjabat sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Darat. Pada saat dilantik, ia adalah Panglima TNI tertua sepanjang sejarah.

Andika mengawali kariernya sebagai perwira pertama Infanteri di jajaran korps baret merah (Kopassus) Grup 2 /Para Komando dan Satuan-81 /Penanggulangan Teror (Gultor) Kopassus selama 12 tahun, dan setelah penugasan di Departemen Pertahanan dan Keamanan (Dephankam) dan Mabes TNI-AD kembali bertugas di Kopassus sebagai Komandan Batalyon 32/Apta Sandhi Prayuda Utama, Grup 3/Sandhi Yudha.

Jenderal TNI Andika Perkasa mengenyam pendidikan tinggi Strata-1 (Sarjana Ekonomi) di dalam negeri dan meraih 3 gelar akademik Strata-2 (M.A., M.Sc., M.Phil) serta 1 gelar akademik Strata-3 (Ph.D) dari berbagai perguruan tinggi terkemuka di Amerika Serikat.

Jabatan sebelumnya sebagai perwira menengah (pamen). Pada kepangkatan Kolonel (Inf) adalah Sespri Kepala Staf Umum (Kasum) TNI, Komandan Resimen Induk (Danrindam) Kodam Jaya/Jayakarta di Jakarta, Komandan Resor Militer (Danrem) 023/Kawal Samudera Kodam I/Bukit Barisan berkedudukan di Kota Sibolga, Provinsi Sumatra Utara. Kemudian di promosi ke jabatan perwira tinggi (pati) dengan pangkat Brigadir Jenderal TNI sebagai Kepala Dinas Penerangan TNI-AD (Kadispenad), Jakarta pada tanggal 25 November 2013 berdasarkan Keputusan Panglima TNI No. Kep/871/XI/2013 tanggal 8 November 2013.

Pada November 2021, ia dicalonkan oleh Presiden Joko Widodo untuk memegang jabatan Panglima Tentara Nasional Indonesia, menggantikan Marsekal TNI Dr. Hadi Tjahjanto yang akan memasuki masa purna tugas.

Pada jenjang Strata-2 Andika menempuh Pendidikan di The Military College of Vermont, Norwich University, Northfield, Vermont, Amerika Serikat (1999), National War College, National Defense University, Washington D.C., Amerika Serikat (2003) Harvard University, Massachusetts, Amerika Serikat (2004), yang bagian ini menurut wikipedia masih membutuhkan rujukan.

Kemudian pada Strata 3 The Trachtenberg School of Public Policy and Public Administration, The George Washington University, Washington D.C., AS (2005). Pendidikan Militer yang pernah diikuti Akademi Militer (1987), Sesarcab Infanteri, Pendidikan Komando, Sekolah Staf dan Komando Angkatan Darat (Seskoad) (Lulusan Terbaik Susreg XXXVII 1999/2000), Sekolah Staf dan Komando Tentara Nasional Indonesia (Sesko TNI), Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas RI).

Andika menikah dengan Diah Erwiany Trisnamurti Hendrati Hendropriyono yang merupakan anak perempuan dari Jenderal TNI A.M. Hendropriyono. Andika sebelumnya beragama Katolik dan kemudian beralih keyakinan menjadi Muslim saat menikah. (wm/*)

Foto: Facebook Asisten AdmUmum PemProv Sulbar