Pemuda Literasi Polman Launching Gerakan Membaca

oleh
Pemuda Literasi Polman Launching Gerakan Membaca -

Laporan: Agung Hidayat Mansur

POLEWALI-Menumbuhkan budaya baca, Pemuda Pemerhati Literasi launching Gerakan Polman Membaca di Polewali, Kabupaten Polewali Mandar (Polman), tepatnya di Jalan Budi Utomo Pekkabata, Jumat (4/8/2017) hari ini.

Kegiatan ini bertujuan untuk mendekatkan akses bacaan ke masyarakat secara rutin. Nantinya, diharapkan akan tercipta kawasan wisata buku di Kota Polewali, serta sebagai wadah perekat antar pemuda khususnya pemerhati literasi dan para komunitas-komunitas literasi yang ada di Polman.

“Gerakan Polman membaca ini adalah salah satu item kegiatan yang dirancang bersama pemuda pemerhati literasi bekerjasama dengan tata edukasi dan rumpita,” tutur Muhammad Munir Pimpinan Rumpita.

Kegiatan ini juga merupakan upaya dalam melawan kebodohan dan sebagai upaya untuk mencerdaskan masyarakat.

“Kegiatan ini dilakukan sebagai bukti dan upaya kami mencerdaskan kehidupan bangsa” ungkap Muhammad Munir.

Kata Munir, kegiatan ini untuk memberi moril kepada masyarakat dan pemerintah agar dalam penguatan literasi di Polman menjadi gerakan yang kolektif.

[perfectpullquote align=”full” cite=”” link=”” color=”” class=”” size=””]”Para pemerhati literasi ini tentu berharap pemerintah juga memberikan semangat, bukan memberikan aturan yang berbelit,” katanya.[/perfectpullquote]

“Salah satu yang mendesak dalam gerakan Polman membaca ini adalah kurangnya buku bacaan. Nah, di sini peran pemerintah dituntut untuk bisa memberikan solusi pada penyediaan buku bacaan serta masyarakat juga digugah untuk menyempurnakan sedekahnya lewat donasi buku,” tambah Muhammad Munir.