Inspektorat Naik Level 3, Bupati Mamuju: Motivasi Kerja Lebih Keras

32 views

Reporter: Sudirman Syarif

MAMUJU, mandarnesia.com — Inspektorat Mamuju yang dinakhodai Muhammad Yani selaku Inspektur berhasil meraih level 3 dalam penilaian kapabilitas Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP), dan Pemerintah Kabupaten Mamuju mencapai level 3 dalam Maturitas Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP).

Menurut Muhammad Yani, Kapabilitas level 3 mempunyai karakteristik seperti kebijakan, proses dan prosedur APIP telah diterapkan, didokumentasikan dan terintegrasi satu sama lain. Manajemen serta praktik profesional APIP telah mapan dan seragam diterapkan di seluruh kegiatan pengawasan internal.

Level 3 ini kemampuan APIP di lingkungan Inspektorat Kabupaten Mamuju telah sanggup melakukan penilaian tentang efisiensi, efektivitas dan ekonomis terhadap suatu kegiatan. Begitupun dengan kemampuan memberikan konsultasi pada tata kelola, manajemen resiko dan pengendalian intern.

“Pencapaian level 3 ini tidak terlepas dari bimbingan BPKP Perwakilan Sulbar, dukungan dan motivasi bapak Bupati, Wakil dan Sekda serta rekan-rekan di Inspektorat yang pada akhirnya membuahkan hasil maksimal,” kata Yani usai syukuran pemotongan tumpeng di aula kantor Inspektorat Mamuju, Rabu (8/7/2020).

Inspektorat Mamuju mampu mengawal pemeriksaan keuangan daerah Kabupaten Mamuju ditandai predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Daerah Tahun 2019. Syukuran atas perolehan opini WTP dari BPK RI Sulawesi Barat dan Perolehan Peningkatan kapabilitas APIP Level 3 Inspektorat Kabupaten Mamuju dirangkai pemotongan tumpeng Bupati Mamuju H. Habsi Wahid, didampingi Ketua DPRD Kab. Mamuju Azwar Azhari Habsi, Sekretaris Daerah Kab. Mamuju H. Suaib dan Inspektur Muhammad Yani dusaksikan oleh Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Mamuju dan staf.

Bupati Mamuju H. Habsi Wahid mengatakan bahwa apa yang diraih saat ini adalah buah dari kerja keras, dan upaya untuk selalu memahami aturan terkait pengelolaan keuangan. Sehingga mampu meraih kembali opini WTP. Posisi Inspektorat Mamuju pada level 3 lebih sempurna merupakan bagian dari adanya peningkatan kualitas keuangan daerah yang semakin maju.

Baca Juga:  27 Sanggar Seni Siap Ramaikan PIFAF 2018

“Semoga dari hasil yang kita capai saat ini membuat kita semakin lebih bekerja keras lagi, sehingga bukan cuma sekedar WTP dan naik level yang kita dapatkan. Tetapi subtansi yang di dalamnya itulah yang harus kita selesaikan,” tegas Habsi.