,

Festival Sandeq Tanpa APBD, Luar Biasa!

oleh

Netizen: H. Hajrul Malik

TEROBOSAN baru Pj. Gubernur luar biasa, ini adalah aksi ‘gila’ dan hanya orang-orang yang berkarakter ‘Pemimpin Pemikul Beban’ yang bisa menjalaninya.

Sulbar mesti keluar dari zona nyaman, kita harus kuatkan ikhtiar untuk promosi Sulbar sebagai daerah tujuan wisata yang nyaman dan mempesona, sebab memang demikian adanya.

Apa yang telah dilakoni Pj. Gubernur Bapak Akmal Malik memberi warna sendiri memajukan Sulbar, sepertinya beliau mengembalikan rute pembangunan yang sudah digagas di awal Sulbar dibentuk dan diperjuangkan, khususnya gubernur AAS.

Tidak dapat dipungkiri road map perjalanan Sulbar diawal sudah melaju, yang menurut saya sedikit tersendat di era ABM karena banyak faktor termasuk covid-19 dan gempa di akhir jabatan beliau.

Saya mendengar bahwa hajatan akbar Festival Sandeq ini bahkan tidak menggunakan dana APBD provinsi sama sekali, sebab memang kita sedang di era krisis anggaran. Namun, Bapak Akmal adalah nakhoda yang terlatih dengan gelombang bahkan gelombang protes rakyat berkali-kali, beliau tidak acuhkan tapi tidak juga terintervensi untuk mengambil sikap dan kebijakan.

Pemimpin yang mampu mensiasati situasi dengan kemampuan lain, menggunakan keterbatasan sebagai peluang untuk keluar dari masalah bahkan bisa jadi leading di Indonesia. Ini adalah karakter ‘Pemimpin Pemikul Beban’.

Desain Festival Sandeq ini akan menghadirkan seluruh gubernur di Indonesia dengan pakaian adat masing-masing yang rencananya akan dilepas wapres dan diterima oleh Presiden Jokowi.

Ini adalah event yang sangat amat dahsyat sekali, hanya pemimpin yang bertalenta sebagai pelaut dan penentang gelombang yang dapat melakukan misi “Gila” ini.

Bahkan beliau kabarnya akan ikut berlayar di tengah gelombang samudera dari teluk Mandar ke Kaltim. Luar Biasa…

Kita berharap dampak pasca Festival Sandeq ini digelar, adalah mengalirnya investor datang ke Sulbar dengan satu syarat adanya kepastian hukum.

Semoga festival sandeq 2022 ini dilancarkan dan dimudahkan…Aminn…

Sulbar yes, GELORAKAN!!!

 

Foto: Panpel Festival Sandeq