BUMDesa Mugi Sejahtera Rampungkan Data untuk Laporan Audit

oleh

Laporan: Naim Irmayani

Wonomulyo, Mandarnesia.com– Dinas Pemberdayaan Masyarakat, TAPM, bersama Inspektorat Kabupaten Polewali Mandar melakukan rapat koordinasi terkait Audit Badan Usaha Milik Desa (BUMDESa) di sejumlah desa.

Mugi Sejahtera Arjosari Kecamatan Wonomulyo salah satu BUMDESa yang kooperatif untuk diaudit oleh inspektorat Kabupaten Polewali Mandar. Mereka tengah merampungkan data atas usaha yang selama ini dijalankan.

Pengurusnya yang saat ini mengelola 2 unit yaitu, unit Saprodi dan unit usaha Batu Bata, tengah membenahi administrasi. “Sisa melengkapi kekurangan data yang lain dan menyinkronkan dana yang sejak 2017 dikelola, keuntungan dari pembenahan berkas-berkas persiapan waktu pengurusan legalitas BUMDESa,” ujar Hamdan Nur dan Bu Sri Hidayati selaku Pendamping Desa Kecamatan Wonomulyo, Ahad, (10/4/2022).

Arsip yang dilengkapi termasuk laporan pertanggungjawaban (LPJ), dokumen pengawasan oleh Pengawas bumdes, Proposal usulan dana BUMDESa, AD-ART, dan berbagai pembukuan/dokumen baik unit berjalan maupun lembaga secara keseluruhan yang disusun oleh pelaksana operasional pengurus.

Tahun ini target audit tampaknya adalah badan usaha milik desa yang melakukan penyertaan modal pada masing-masing unit yang dijalankan. Segala bentuk administrasi harus tertib karena anggaran yang dikelola adalah uang negara.