fbpx

Bertambah Satu, Klaster Pontanakayyang Menambah Panjang Kasus Positif di Sulbar

Reporter: Sudirman Syarif

MAMUJU, mandarnesia.com — Angka positif virus corona atau covid-19 di Sulawesi Barat masih terus bertambah. Jumlahnya telah mencapai 78 orang yang dikonfirmasi gugus tugas percepatan penaganan covid-19 Sulbar.

Penyampaikan hasil lab yang dirilis, Rabu (20/5/2020) berdasarkan hasil
pemeriksaan melalui BBLK Makassar yang suratnya diterima gugus tugas tanggal 20 Mei 2020, terdapat satu penambahan kasus positif dari Kabupaten Mamuju Tengah.

Pasien 78 terkonfirmasi covid-19 inisial JK laki-laki usia 17 asal Mahahe, Kecamatan Tobadak, Mamuju Tengah. Pasien tidak pernah melakukan perjalanan ke daerah terjangkit covid-19 14 hari sebelum sakit.

Namun merupakan kontak erat dari kasus 59 PU klaster Pontanakayyang. Pasien kasus 78 saat ini isolasi mandiri dan dalam pengawasan puskesmas dan tim gugus Kabupaten Mamuju Tengah.

Tambahan kasus tersebut menambah panjang jumlah positif covid-19 di Klaster Pontanakayyang di Sulawesi Barat, sebanyak 35 kasus telah terkonfirmasi di wilayah itu, disusul klaster Kandemeng 15 kasus, klaster Pesantren Temboro, Megetang Jawa Timur 9 kasus, klaster ijtima ulama Gowa, Makassar, Sulsel 6 kasus, dan klaster Pesantren Darul Muttaqin, Jawa Tengah 2 kasus. Selebihnya merupakan kasus positif dari klaster lain.

Jumlah ODP saat ini di Sulbar 1,533 selesai pemantauan 1.409 proses pemantauan 122 meninggal 2. Jumlah OTG 870 selesai pengawasan 578 proses pengawasan 292. Jumlah PDP 66 selesai pengawasan 36 proses pengawasan 25 dan meninggal 5.

Data positif covid-19 di Sulbar tersebar di lima kabupaten. Lima orang dari Kabupaten Majene, 1 sudah dinyatakan sembuh, 4 orang karantina di Rumah Sakit Regional. Tujuh dari Kabupaten Mamuju, 4 orang sudah dinyatakan sembuh, 3 orang di Ruang Karantina Rumah Sakit Regional.

Tujuh dari Kabupaten Pasangkayu, 5 orang sudah dinyatakan sembuh, 1 orang dirawat di RSUD Pasangkayu, 1 orang isolasi mandiri dan dalam pengawasan puskesmas dan gugus tugas Pasangkayu.

Baca Juga:  Di Pasangkayu, Pemerintah Desa Tanggung Seragam PAM TPS

Pasien terbanyak Kabupaten Mamuju Tengah 35 pasien, 14 orang sudah dinyatakan sembuh, 5 orang dirawat di Rumah Sakit Regional Mamuju, 16 orang dirawat di Gedung Karantina Salugatta.

Kabupaten Mamasa, menjadi satu-satunya kabupaten di Sulbar yang belum terkonfirmasi kasus positif covid-19.

Ilustrasi foto: Antara Foto/Didik Suhartono

Advertisements

Komentar Anda
Advertisements
error: Content is protected !!