36 dari 100 Anak di Polman Masuk Kategori Stunting

oleh

Reporter: Sudirman Syarif

MAMUJU, mandarnesia.com — Kabupaten Polewali Mandar, Kabupaten Majene dan Kabupaten Mamasa memiliki prevalensi di atas angka 33 persen. Padahal ambang batas atas yang ditetapkan Badan Kesehatan Dunia atau WHO adalah 20 persen.

Untuk Kabupaten Mamuju mempunyai angka prevalensi 30,3 persen.

“Analogi sederhananya, jika Polewali Mandar mempunyai skor prevalensi 36 persen, itu berarti ada 36 anak dikategorikan stunting di antara 100 anak yang ada di Polewali Mandar,” tulis
Biro Umum dan Humas
Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional dalam siaran pers, Jumat (18/3/2022).

Dua daerah yang berstatus kuning dengan prevalensi 20 hingga 30 persen, diurut dari yang memiliki prevalensi tertinggi, hingga terendah mencakup Mamuju Utara dan Mamuju Tengah.

Tak ada satu pun daerah di Sulawesi Barat yang berstatus hijau dan biru, yakni dengan hijau berpravelensi 10 sampai 20 persen dan biru untuk prevalensi di bawah 10 persen. Hanya Mamuju Tengah yang memiliki angka prevalensi terendah dari seluruh wilayah di Sulawesi Barat dengan prevalensi 26,3 persen.

Agar sesuai dengan target Nasional capaian angka stunting 14 persen di Tahun 2024 sesuai dengan komitmen Presiden Joko Widodo, maka laju penurunan stunting per tahun haruslah dikisaran 3,4 persen.

Terbitnya Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 72 Tahun 2021 tentang Percepatan Penurunan stunting dan Peraturan BKKBN Nomor 12 Tahun 2021 tentang Rencana Aksi Nasional Percepatan Penurunan Angka stunting Indonesia menunjukan keseriusan dalam penanganan stunting di Pusat maupun di Daerah

Dengan melihat kondisi aktual yang terjadi saat ini, Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat ditagih komitmennya di Tahun 2024 agar tidak ada lagi wilayah yang berstatus merah di seantero Sulawesi Barat. Sulawesi Barat harus menjadi provinsi percontohan di Sulawesi dalam hal percepatan penurunan angka stunting.

Untuk memastikan komitmen bersama dalam percepatan penurunan angka stunting, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) menggelar Sosialisasi Rencana Aksi Nasional Percepatan Penurunan Stunting (RAN PASTI) di Mamuju pada hari Jumat (18 Maret 2022).