Serunya Wisata Susur Sungai di Teluk Mampie

oleh

Laporan: Muh. Yusri

MAMPIE, mandarnesia.com — Mampie terletak di Desa Galeso Kecamatan Wonomulyo, memiliki potensi wisata alam yang tak kalah dari daerah lain.
Ekowisata Susur Sungai Mampie misalnya, di teluk ini terdapat tiga muara dari beberapa anak sungai. Diantaranya Sungai Galeso, Sungai Matakali dan Sungai Rea semuanya bermuara di Teluk Mampie. Potensi alam inilah yang kini dikelola warga di sana.

Sepanjang sungai pengunjung akanb dimanjakan pemandangan hamparan mangrove dari berbagai jenis, ditambah suara burung yang merdu melengkapi kesempurnaan nyanyian alam sungai di Teluk Mampie.

Biaya sewa perahu sangat terjangkau yaitu 50 ribu rupiah untuk perahu papan kapasitas 3 orang. Rute start dari Pantai Mampie atau di Rumah Penyu menuju muara Mampie dan berakhir di rumah produksi buah mangrove untuk diolah menjadi berbagai jenis kue seperti brownies.

Jika pengunjung ingin lebih puas lagi, pengunjung dapat menikmati tiga sungai Teluk Mampie sekaligus. Tarif perahu Rp100 ribu.

Selain itu, wisata susur sungai juga bisa melihat langsung aktivitas budidaya rumput laut, pengelolaan siput air payau. Warga lokal Mampie menyebutnya cocco.

Durasi normal untuk menikmati suguhan alam ini sekitar 40 menit saja. Bila ingin lebih lama silakan menambah ongkosnya.

Wisata susur sungai ini masih dalam tahap pengembangan oleh warga setempat. Yuk ke Mampie!

 

Foto: SastraTrotoar

Adv.
Baca Juga:  Ajbar: Kami Dukung Gerakan Wisata Penyu di Mampie