fbpx
Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by whitelisting our website.

Selangkah Lagi, Andi Depu Jadi Pahlawan Nasional

MAJENE — Ibu Agung Andi Depu kembali diusulkan sebagai Pahlawan Nasional. Pimpinan Kelasyakaran Rahasia Islam Muda (Kris Muda) di zaman perjuangan kemerdekaan ini telah mendapat Bintang Mahaputra dari Presiden Republik Indonesia. Selangkah lagi Andi Depu akan meraih gelar Pahlawan Nasional.

Pada Jumat-Sabtu, 22-23 Desember 2017 di Mamuju, seminar nasional kembali digelar untuk mengoptimalkan pengusulan tokoh pejuang dari Sulawesi Barat ini. Seminar terakhir ini merupakan kelanjutan dari seminar pertama di Polewali tahun 2009.

Ketua Tim Perumus hasil Seminar Nasional Pengusulan Andi Depu sebagai Pahlawan Nasional, Darmansyah mengatakan, timnya sedang bekerja merumuskan hasil seminar termasuk mengumpulkan data pendukung dan otentikasinya.

“Andi Depu salah satu calon yang telah memenuhi syarat untuk diusulkan sebagai Pahlawan Nasional dari Sulawesi Barat. Setelah sebelumnya mendapat Bintang Mahaputra,” ujar Darmansyah di Villa Bogor Majene, usai memimpin rapat tim perumus, Selasa, (26/12).

Menurut Darmansyah, beberapa tokoh pejuang lainnya sedang dalam identifikasi untuk diusulkan ke pemerintah daerah. Namun Ketua DPRD Majene ini juga mengatakan, yang diperlukan usulan dari masyarakat atau keluarga calon pahlawan.

“Karena mekanisme awalnya mesti diusulkan dari masyarakat atau keluarga. Jadi kita berharap bila keluarga pejuang memiliki bukti atau data pendukung sebaiknya disiapkan,” ujar Darmansyah yang juga Ketua Masyarakat Sejarawan Indonesia (MSI) Sulawesi Barat.

Tim Perumus hasil seminar, antara lain: Darmansyah (Ketua), Muhammad Munir (Sekretaris), Syahrir Hamdani, Rizal Sirajuddin, Dr. Sri Musdikawati, dan Adi Arwan Alimin.

Berikut beberapa nama pejuang yang akan diusulkan sebagai Pahlawan Nasional. Disusun berdasar abjad.

1. Ammana I Wewang
2. A. Rahman Tamma
3. Baso Boroa I Tokape
4. Caco Pakkarampuang Dg. Tulolo
5. Daeng Majannang
6. Hamma Saleh Puangnga Sudding
7. Hj. Maemunah Djud Pance
8. I Masa (Ibu Seluruh)
9. Kaco Puang Ammana Pattolawali
10. Parrimuku
11. Punggawa Malolo
12. Riri Amin Daud

#RilisTimPerumus

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: