Penjual Bendera Menjamur

oleh
Penjual Bendera Menjamur -

MAMUJU – Jelang Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke 72, berbagai cara yang dilakukan untuk memeriahkannya, termasuk para pedagang yang mencoba meraup keuntungan dihari bersejarah bagi bangsa Indonesia tersebut.

Seperti di ruas Jalan AP. Pettarani dan Jalan Martadinata. Di ruas jalan ini terlihat para pedagang bendera dan umbul-umbul menjajakan dagangannya.

Salah satunya Asep (34) warga Sukabumi Jawa Barat. Asep mengaku, sudah empat tahun lalu dirinya berdagang alat kelengkapan perayaan 17 Agustus.

“Tahunan saya berjualan seperti ini sejak 2014 lalu, kemarin di sebelah sana dekat pertigaan lampu merah, tapi sekarang di sini,” ujar Asep kepada mandarnesia.com, Kamis (3/8/2017).

Menurutnya, keuntungan yang dihasilkan tidak terlalu tinggi, disebabkan karena sudah menjamurnya pedangang seperti dirinya.

“Dibanding tahun ini, lebih banyak yang lalu-lalu. Mungkin karena sudah banyak pedagang yang jualan, yah satu dua tiga saja pembelinya sekarang,” ucapnya.

Senada dengan Iwan (38) salah satu pedagang di ruas Jalan AP. Pettaran. Ia mengaku, sudah terbiasa berjualan perlengkapan Agustus dan dirinya mengaku masih sama dengan kemarin.

[perfectpullquote align=”full” cite=”” link=”” color=”” class=”” size=””]”Yah lumayan pembelinya, ini juga karena di setiap sudut ada jualan kayak gini. Jadi tidak seberapa untungnya,” sebutnya.[/perfectpullquote]

Ia menambahkan, rata-rata pembelinya di dominasi pegawai yang berbelanja untuk keperluan kantornya.

“Tadi baru-baru Ibu beli delapan bendera untuk keperluan sekolah. Harganya kalau dia beli satu saya kasih Rp25.000 kalau ambil banyak Rp30.000 perpasangnya,” sebut Iwan dengan dialek asal Jawanya.

#AyubKalapadang/BusriadiBustamin