Pemuda Kibarkan Bendera Merah Putih di Gunung Beroangin

oleh
Pemuda Kibarkan Bendera Merah Putih di Gunung Beroangin -
Pengibaran bendera di Beroangin/Fhoto: Sudirman Syarif

 

MAJENE – Beragam cara dilakukan untuk memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-72. Tidak hanya di lapangan terbuka, perayaan detik-detik proklamasi juga dilakukan di atas puncak gunung.

Hal ini yang dilakukan sekelompok pemuda yang tergabung dalam organisasi kepemudaan Lentera Tasinara. Dengan membentangkan bendera sepanjang 18 meter di atas puncak gunung Beroangin, di Kecamatan Malunda, Kabupaten Majene, Sulawesi Barat. Keperkasaan sang saka merah putih terlihat sampai radius 10 kilo meter.

Pembina Lentera Tasinara, Fatriadi Mallilingan mengatakan, kegiatan ini didasari semangat dan kekhwatiran terhadap semangat nasionalisme, patriotisme yang mulai tergerus.

[perfectpullquote align=”full” cite=”” link=”” color=”” class=”” size=””]”Kondisi masyarakat saat ini, tidak sedikit yang berperilaku apatis. Terutama kalangan pemuda. Faktor moderenisasi menjadi dampak yang paling serius tergesernya nilai-nilai kebangsaan dan sosial kemasyarakatan. Seperti penggunaan HP yang tak terkontrol,” tuturnya kepada Mandarnesia.com,Kamis (17/8/2017).[/perfectpullquote]

Selain itu, Fatriadi juga menambahkan, hal ini merupakan salah satu bentuk kecaman terhadap Ormas yang ingin merubah nilai-nilai dasar Pancasila.

“Hargai para pahlawan. Bagi kami NKRI harga mati,” jelas Fatriadi.

Kegiatan ini diikuti 29 pemuda, upacara yang dilaksanakan di tengah hijaunya alam, dan suburnya tanaman perkebunan warga, pelaksanaan upacara berlangsung khidmat.

#SudirmanSyarif