Minuman Ini Dilarang Saat Buka

oleh
Minuman Ini Dilarang Saat Buka -
Sumber Foto : blog.act.id

Minuman apa yang paling Anda sukai saat berbuka? Ternyata tidak semua minuman yang manis dan dingin cocok. Berikut daftar minuman yang disarankan untuk tidak berlebihan saat dikonsumsi. Jadi tidak sekadar manis saja lho…

1. Teh manis

Sumber Foto : blog.act.id
Sumber Foto : blog.act.id

Mengonsumsi minuman manis untuk menaikkan kadar gula darah, namun sayangnya, teh manis yang hanya mengandung sukrosa tidfak dianjurkan. Sebab tubuh juga masih memerlukan fruktosa dan glukosa untuk menaikkan gula darah. Teh yang mengandung kafein pun bisa menaikkan asam lambung dan menyebabkan perut kembung. Itu sebabnya orang merasa mual.
Minuman yang terlalu manis juga dapat menyebabkan rasa lelah dan mengantuk.

2. Kopi

kopipastenih.wordpress.com
foto: kopipastenih.wordpress.com

Ada juga loh yang langsung minum kopi saat berbuka. Ini memang soal selera, namun kafein yang dikonsumsi saat buka akan langsung ke lambung yang sepanjang hari kosong. Lalu, akibatnya minum kopi bisa merangsang asam lambung. Teguklah air putih untuk mengurangi efeknya.

3. Soda atau minuman berkarbonasi

eatthis.com
foto: eatthis.com

Minuman mengandung gula berkarbonasi sangat tinggi ini, juga mengandung gas. Hati-hati meminumnya saat perut atau lambung anda yang masih kosong.

4. Terlalu banyak minum air putih
Meski sangat dianjurkan, tapi akan berakibat buruk bila saat berbuka anda meminumnya dalam jumlah banyak. Minumlah dalam tiga teguk, untuk kemudian melanjutkannya lagi. Jangan meminumnya sekaligus, sebab perut akan langsung terasa penuh atau mual.

5. Susu full cream
Hindari susu full cream saat berbuka puasa. Bila tak ingin lambung anda akan bekerja keras karena susu sulit dicerna lambung. Anda tak ingin merasa kembung atau bahkan maag kambuh kan?

6. Minuman sangat manis
Minuman yang terlalu manis dapat menyebabkan rasa lelah dan mengantuk. Nggak ingin kehilangan tarwih kan?

7. Minuman dingin
Kebiasaan mengkonsumsi minuman dingin saat berbuka puasa salah satu kebiasaan yang tidak sehat. Ini juga dapat menyebabkan kontraksi pada lambung.

Jadi tetaplah berbuka dengan manis, tapi jangan berlebihan…

#DariBerbagaiSumber