fbpx

KPU Sulbar Gelar Malam Penganugerahan KPU Award 2020

Reporter: Sudirman Syarif

MAMUJU, KPU Sulbar — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Barat menggelar malam anugerah bagi para penyelenggara di Pilkada 2020 dan Pileg tahun 2019. Apresiasi oleh KPU Sulbar berlangsung di Kantor KPU Polewali Mandar, Ahad (21/3/2021).

Dalam kajian yang dilakukan masing-masing divisi di KPU Sulbar, sebanyak 22 kategori diperebutkan di ajang tersebut. Masing-masing kategori website terudapte, kategori sosialisasi terbaik, kategori pengelolaan data adhoc terbaik, kategori tingkat partisipasi dalam pemilihan serentak tahun 2020.

Kategori perencanaan logistik terbaik, kategori distribusi logistik berbaik, kategori pemilihan logistik terbaik, kategori laporan keuangan terbaik, kategori tahapan pendaftaran legislatif terbaik. Kategori tahapan pemungutan, penghitungan, dan rekapitulasi terbaik dalam pemilihan legislatif tahun 2019.

Kategori operator Situng terbaik dalam pemilihan legislatif 2019, kategori penetapan anggota DPRD terbaik dalam pemilihan serentak tahun 2020, kategori pendaftaran pasangan calon terbaik dalam pemilihan serentak tahun 2021, kategori penetapan pasangan calon terbaik dalam pemilihan serentak tahun 2021.

Kategori operator Sirekap terbaik dalam pemilihan serentak tahun 2021, kategori operator data pemilihan berkelanjutan terbaik, kategori operator Sidalih terbaik, kategori pemutakhiran data pemilih akurat, mutakhir dan berkualitas terbaik, kategori pemutakhiran data pemilih berkelanjutan akurat, mutakhir dan berkualitas terbaik.

Juga kategori dokumentasi hukum terbaik, dan kategori Sidakam terbaik.

KPU Kabupaten Mamuju, dan KPU Majene meraih sebanyak 15 penghargaan, KPU Kabupaten Pasangkayu 16 penghargaan, dan KPU Mamuju Tengah 16 award.

Sebelum penganugerahan, KPU Sulbar menggelar evaluasi pelaksanaan Pilkada tahun 2020 yang dilaksanakan selama beberapa hari. Ketua KPU Sulbar Rustang menyampaikan, evaluasi tahap penyelenggaraan mengacu pada fungsi-fungsi manajemen, termasuk bagian akhir dalam kegiatan.

“Diawali perencanaan, pengorganisasian, pelaksana pengawasan dan evaluasi atau penilaian. Di penilaian ini yang kita laksanakan yang diawasi secara internal dan oleh lembaga lain. Saya selalu mengatakan bahwa pelaksanaan Pemilu ini sukses. Namun secara internal harus tetap dilakukan evaluasi, atau introspeksi diri.

Baca Juga:  Kondisi Terkini Korban Gempa di Malunda, Ini Bantuan Dibutuhkan Korban

Agenda ini dihadiri seluruh Komisioner dan Sekretariat KPU Sulbar, jajaran KPU Kabupaten yang menggelar Pemilihan 2020, serta KPU Polewali Mandar sebagai tuan rumah.

Koordinator Divisi Parmas, SDM dan Pendidikan Pemilih, Adi Arwan Alimin mengatakan, indikator penilaian untuk KPU Award 2020, misalnya untuk bidang yang dikoordinasi berdasarkan laporan dari tiap kabupaten, supervisi, dan pemantauan aktivitas KPU Kabupaten melalui website dan media sosial.

“Kita berharap stimulan ini akan terus melecut kreatifitas dan kinerja KPU Kabupaten secara kolektif,” imbuh Adi Arwan.

(Rilis Hupmas)

error: Content is protected !!
Open chat
1
Assalamu Alaikum
Ada yang bisa kami bantu?
%d bloggers like this: