fbpx
Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by whitelisting our website.

Komunitas Lestari Lepasliarkan Penyu Sisik yang Luka

Laporan: M. Yusri

Makassar, mandarnesia.com–Komunitas Lestari Penyu Pulau Barrang Caddi Kelurahan Barrang Caddi Kecamatan Kepulauan Sangkarrang Kota Makassar melepasliarkan penyu sisik yang sempat mereka rawat akibat terdapat luka pada bagian kepala penyu sisik tersebut. Selasa, 13 April 2021.

Ketua Lestari Penyu Rafli mengatakan bahwa penyu sisik tersebut ditemukan pertama kali oleh seorang nelayan bernama Saldi saat sedang melaut.

Melihat penyu tersebut dalam keadaan lemah dan terdapat luka pada bagian kepala, lalu Saldi memutuskan untuk mengambil penyu sisik itu kemudian menyerahkannya pada Lestari Penyu agar segera dapat pertolongan lebih lanjut.

“Yang menyelamatkan seorang nelayan yg bernama Bapak Saldi” Kata Rafli

“Tindakan kami yaitu memindahkannya ke baskom besar berisikan air yang telah diberikan Obat Kuning untuk Ikan yang biasa digunakan untuk mengobati kulit ikan yang iritasi kemudian membawa ke kolam penangkaran Ikan yang dipinjamkan ke kami untuk merehabilitasi penyu selama 3 hari dan dilepasliarkan kembali ke habitatnya.” Tambah Rafli.

Menurut Rafli, dalam upaya pengawasan dan pelesatarian penyu yang dia lakukan bersama teman pemuda lainnya mendapatkan banyak kendala diantaranya kendala pada alat transfortasi laut untuk melakukan patroli do beberapa pulau.

“Kendala kami sebagai organisasi mandiri dengan keterbatasan Transportasi untuk mengelola beberapa pulau dengan potensi tempat naiknya penyu untuk bertelur serta perangkat Lunak untuk pengurusan segala administrasi kami seperti laptop,print, dan lain sebagainya” Tutup Rafli.

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: