Berlatih Menulis Bersama Wali Kota Sukabumi

oleh

MANDARNESIA.COM, Sukabumi – Wali Kota Sukabumi apresiasi dan turut hadir dalam Pelatihan Menulis Kreatif yang digelar oleh Sukabumi Sukabuku secara daring, Senin (23/1/2022).

Pelatihan menulis yang digagas oleh Komunitas Sukabumi Sukabuku ini mendorong peserta pelatihan untuk mulai menulis buku. Kegiatan ini rutin dilaksanakan secara online setiap hari Senin sejak 2 hingga 23 Januari 2023.

Dalam sambutannya, Achmad Fahmi menyampaikan apresiasi dan dukungannya terhadap kegiatan yang sangat positif ini. Fahmi menuturkan, ketersediaan buku bacaan sangat dibutuhkan di Indonesia khususnya di Sukabumi, supaya terjadi peningkatan kemampuan literasi.

“Kota Sukabumi secara khusus apalagi, sangat membutuhkan peningkatan kualitas sumber daya manusia,” kata dia.

Fahmi menyebutkan, Kota Sukabumi hanya dapat mengandalkan Sumber Daya Manusia (SDM) untuk meningkatkan kualitas kotanya.Kemampuan literasi merupakan salah satu faktor penting untuk terjadinya peningkatan tersebut,” ujarnya.

Materi disampaikan oleh Adi Arwan Alimin, penulis novel epos Daeng Rioso dari Mandar, Sulawesi Barat. Dalam pemaparannya, Adi menyampaikan sejumlah trik mudah dalam menulis berdasarkan pengalaman dan teori yang dikuasainya.

Salah satu yang disampaikannya kepada peserta adalah agar tidak mencemaskan proses pengeditan saat menulis.

“Menulis dulu, setelah selesai barulah lakukan proses editing. Bacalah kembali karya kita berulang ulang, temukan dan betulkan penulisan, buang kata kata tidak penting, pastikan terjadi kesatuan dan keterhubungan antar paragraf, sehingga pembaca selalu penasaran,” pesannya.

Kegiatan yang dimoderatori oleh Kaprog PGSD UMMI Dyah Lesmaya ini pun berjalan lancar dan sukses. Dan berakhir dengan foto bersama antara para pengisi acara dan seluruh peserta. (Net/WM)