1.326 PPS Garut Siaga untuk Pemilu 2024

oleh

Netizen: Nuni Nurbayani

MANDARNESIA.COM, Garut — Pagi, 24 Januari 2023 di Lapangan Sasana Olahraga (SOR) Ciateul Garut tampak sangat ramai. Ribuan massa memakai pakaian putih hitam berbaris rapi memenuhi lapangan yang diapit dua tribun. Laki-laki tampak gagah dengan pakaian hitam-putih, kopiah dan dasi. Sementara yang perempuan tampak anggun dengan pakaian hitam putih dan hijab putih.

Mereka adalah 1.326 orang anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) se-Kabupaten Garut yang dilantik oleh ketua KPU Kabupaten Garut. Seribu orang ini mengikuti pelantikan dan apel gelar pasukan, siaga untuk Pemilu 2024.

Pelantikan mereka ditandai pelepasan seribu balon ke udara. Pelepasan balon berwarna merah putih ini adalah sebagai simbol harapan suksesnya Pemilu 2024 mendatang.

Di hadapan tiga ribu peserta dan undangan yang hadir, diantaranya anggota PPS berjumlah 1.326, PPK 210 orang, beberapa ketua partai politik, perwakilan Forkopimda Garut, Kepala Dinas/Instansi, Para Camat, Kepala Desa, Lurah, Perwakilan Ormas/LSM dan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

Junaidin Basri, Ketua KPU Garut, menyampaikan pesan tentang pentingnya peran PPS dalam membantu kelancaran tugas-tugas KPU.

“Peran PPS sangatlah penting dalam membantu kelancaran tugas-tugas KPU Garut di Pemilu Tahun 2024,” ujarnya.

Junaidin menyampaikan setelah hari ini PPS harus siaga menghadapi tahapan Pemilu 2024.

“PPS merupakan garda terdepan suksesnya pelaksanaan Pemilu 2024. Setelah dilantik hari ini, seluruh anggota PPS sudah harus langsung bekerja sesuai dengan agendanya, Siaga menghadapi tahapan Pemilu 2024,” ucapnya.

Junaidin melanjutkan, perekrutan PPS di Kabupaten Garut mendapatkan antusias tinggi dari warga Garut. Dari 7.326 pelamar berasal dari seluruh kecamatan di Kabupaten Garut yang dinyatakan lulus sebanyak 1.326 orang sesuai kuota PPS Garut yang tersedia.

“Jadi pelamar PPS khusus di kabupaten Garut jumlahnya itu cukup fantastis, akan tetapi kita telah tentukan kuotanya melalui sistem rekruitmen CAT, jadi hanya 1.000 lebih yang terpilih,” pungkas Junaidin.

Junaidin berpesan agar seluruh anggota PPS yang telah dilantik bisa menjalankan tugasnya dengan sebaik-baiknya sesuai dengan tupoksi yang telah ditetapkan KPU.

“Saya harapkan juga, agar PPS pun bisa bekerja maksimal, jujur dan amanah tanpa adanya intervensi dari pihak-pihak yang tak bertanggung jawab, karena kalau ada ‘main’ kita akan langsung berhentikan,” tutupnya. (Net/WM)