Berkas Tina-Ado Belum Lengkap, KPU Menunggu Perbaikan

Reporter: Sudirman Syarif

MAMUJU, mandarnesia.com — Partai yang mengusung dan mendukung Sitti Sutinah Suhardi-Ado Masud di Pikada 9 Desember telah mandatangi Kantor KPU Mamuju untuk mendaftar. Koalisi yang tergabung dalam Mamuju Keren ini didukung 11 partai politik.

Partai Demokrat, PAN, PDIP, PKS, PBB, Gerindra, koalisi ini memiliki 13 kursi di DPRD Mamuju. Sementara partai pendukung PSI, Gelora, PKB, PKPI, Garuda.

Rombongan tiba kira-kira pukul 09.22 Wita. Sejumlah pimpinan partai pengusung tampak hadir mendampingi Tina-Ado yang datang dengan menggunakan baju putih. Ketua DPRD Sulbar, Suraidah Suhardi juga nampak mendampingi.

Ketua KPU Mamuju Hamdan Dangkang menyampaikan, ada sedikit kekurangan berkas yang ada di B1KWK. Yakni rekomendasi parpol dari salah satu partai pengusung Sitti Sutinah Suhardi-Ado Mas’ud.

“Kami sudah koordinasi baik di tingkat provinsi, bahkan kami langsung ke KPU RI menanyakan perihal ini dan sudah ada solusi yang diberikan. Kami tunggu berkas dari DPP PKS,” kata Hamdan kepada wartawan, Sabtu (5/9/2020).

Dijelaskan Hamdan, ada kekurangan nama, di juknis B1KWK, seharus sama di KTP elektronik. “Tidak ada Sitti (Nama awal calon di rekomendasi PKS). Tadi mau kembalikan semua berkas, tapi dia meminta tunggu dulu sudah komunikasi dengan DPP-nya mau keluarkan surat pernyataan, kita tunggu. Kalau dalam waktu ditentukan (Belum ada) kami akan kembalikan. Ya, nanti mereka balik lagi untuk kembalikan,” sambung Hamdan.

“Kalau di partai lain tidak masalah. Sudah lengkap, cuma ada satu partai. Cuma di kami ketika ada satu bermasalah kami kembalikan berkas. Karena ini syarat pencalonan beda kalau syarat calon. Kami juga belum memeriksa keabsahannya. Pada intinya kedua berkas ini harus lengkap,” sambungnya.

Baca Juga:  Tour De'election KPU Sulbar Tiba di Pos Pertama

Secara keseluruhan, KPU sudah melakukan komunikasi dengan tim pemenangan Tina-Ado. “Dia meminta, bagaimana kalau calon saya balik. Saya tinggal, saya bilang tidak ada masalah.”

Bakal calon Bupati Mamuju Sutinah Suhardi menyampaikan,berkas di PKS yang belum lengkap tidak akan jadi penghalang. Terkait masalah PKS, hanya ada perbedaan nama saya di rekomendasi PKS. Itu cuma berbeda Sutina Suhardi, kan ada Sitti-nya. Tidak akan menghambat, kita juga punya 13 kursi,” jelas Tina dalam konferensi pers.

Ketua Koalisi Mamuju Keren Reza menyampaikan, secara keseluruhan memenuhi syarat. “Cuman PKS tadi akan kami selesaikan.” jelasnya dalam konferensi pers di Kantor KPU Mamuju.

admin

MANDARNESIA.COM sebuah organisasi media yang bertujuan mendorong perbaikan mutu jurnalisme. Gagasan besar ini untuk merespon makin tumbuhnya jurnalistik, dan media baru di Indonesia. Akses jaringan internet dan sarana yang mudah dijangkau saat ini memberi peluang bagi siapapun untuk bertindak apapun termasuk dalam memanfaatkan celah industri media baru, yakni proses media yang sangat berbeda dari metode jurnalistik sebelumnya.

error: Content is protected !!
Open chat
1
Assalamu Alaikum
Ada yang bisa kami bantu?