Bantuan Gempa Tahap Dua Masih Verifikasi

oleh

Reporter: Sudirman Syarif

MALUNDA, mandarnesia.com — Dana bantuan stimulan perbaikan rumah korban gempa 6,2 tahun lalu di Kabupaten Majene, Sulawesi Barat, masih berproses di tahap verifikasi tingkat kerusakan rumah.

“Setelah verifikasi, hasil dari verifikasi itu kita sampaikan lagi ke desa masing-masing, kalau sudah ndak ada lagi sanggahan, kita sudah mulai ke tahap berikutnya, yaitu di-SK-kan,” kata Wakil Bupati Kabupaten Majene kepada mandarnesia.com saat mengunjungi korban banjir di Kecamatan Malunda, Kamis (26/5/2020) malam.

Intinya, kata anak mantan Bupati Majene Kalman Katta ini, pemerintah beraksi secepat mungkin. “Kalau bisa dalam waktu satu bulan atau dua bulan, yang jelas kita melalui mekanisme dulu sesuai yang disampaikan BNPB pusat,” tutupnya.

Jumlah kepala keluarga yang akan menerima bantuan tahap kedua lebih banyak dibandingkan dengan tahap pertama.

Hal tersebut dikarenakan masih ada beberapa desa yang warganya sama sekali belum tersentuh bantuan tahap pertama. Mereka baru terdata di tahap kedua.

Diantaranya Desa Mekatta. Desa ini menjadi salah satu desa yang paling terdampak gempa tahun lalu. Dua dusun di desa tersebut, Aholeang dan Rui sebagian besar warganya masih tinggal di tenda darurat. (wm/*)

Adv.
Baca Juga:  Mendes Transmigrasi Serahkan 1.000 Sertifikat dan Bantuan Pangan di Sulbar