Yakob Solong-Nur Alam Tahir Uji Kompetensi di Kemendagri

JAKARTA, Mandarnesia.com — Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Sulawesi Barat Dr.Yakub Solon bersama Asesor Widyaiswara Ahli Utama Sulbar, H. Nur Alam Tahir, hari ini Kamis, 25 Oktober 2018 menjalani ujian kompetensi pemerintahan di Badan Pengembangan SDM Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI.

Keduanya mewakili Provinsi Sulawesi Barat bersama 35 lebih perwakilan setiap provinsi.

Kepada mandarnesia.com, alumnus Universitas Hasanuddin Makasasar (Unhas) Yakub menyampaikan, semua PNS harus diuji kompetensi pemerintahan untuk tahun 2019.

“Di dalam pasal 1 disebutkan bahwa PNS itu harus tahu kompetensi teknis, kultural, sosial dan pasal 2 disebut bahwa harus kompeten bidang pemerintah,” kata Yakob via telepon kepada mandarnesia.com, Kamis (25/10/2018).

“Pasal 2 inilah yang digenjot oleh Kemendagri untuk seluruh ASN. Ditindaklanjuti dengan adanya Permendagri No 108 tentang Kompetensi Pemerintahan,” sambung Yakub.

Dua perwakilan Sulbar akan menjalani Training of Trainer (TOT). “Tapi hari ini kita akan diuji, apakah kompeten atau tidak kompeten. Kalau kompeten kita sudah bisa mengajar. Seperti pak Nur Alam sebelah saya, asesor uji kompetensinya para pejabat.”

Dihubungi secara terpisah H. Nur Alam Tahir menyampaikan, kegiatan kompetensi bidang pimpinan pemerintahan dalam negeri untuk melatih bagaimana nanti dapat melatih pegawai di daerah.

“Pengumuman ToT belum akan diumumkan. Karena belum rampung ini yang diuji ada 35 orang dan Sulbar hanya diwakili dua orang. Sementara kabupaten lain ada yang tiga sampai empat,” ungkapnya.

Reporter: Sudirman Syarif

Baca Juga:  Pesan Jokowi di Hari Sumpah Pemuda
error: Content is protected !!
Open chat
1
Assalamu Alaikum
Ada yang bisa kami bantu?

Gratis Berlangganan, klik Subscribe

Selamat anda telah berlangganan Gratis

There was an error while trying to send your request. Please try again.

mandarnesia.com will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.