Wanti-wanti Gubernur, Jangan Sampai Karhutla Ada Kesengajaan

Reporter: Sudirman Syarif

MAMUJU, mandarnesia.com — Kebakaran Lahan dan Hutan (Karhutla) di Sulawesi Barat yang terus meluas menjadi perhatian serius Pemerintah Sulbar. Gubernur Sulawesi Barat Ali Baal Masdar meminta pihak terkait bertindak serius.

Termasuk mengantisipasi jangan sampai pembakaran lahan dan hutan ada unsur kesengajaan. “Yang kita tidak mau ada kesengajaan orang yang berbuat seperti itu (membakar),” kata ABM kepada mandarnesia.com, Senin (23/9/2019).

Dijelaskannya, BPBD sudah berjalan, melihat ,mendata, mendiagnosis, apa penyebab kebakaran dan lain-lain.

“Bagaimana cara pencegahannya, nanti saya tinggal menunggu laporannya satu, dua pekan mungkin ada laporan. Kita harus sesuai dengan kemampuan kita cara memadamkan. Itu saya harap partisipasi masyarakat turut membantu memadamkan itu (kebakaran)” ujarnya.

Ia pun memastikan akan segera melakukan pemanggilan Kepala BPBD Sulbar untuk meminta data luas dan titik kebakaran di Sulbar.

“Saya kira nanti saya panggil. Karena itu kan merupakan urusannya, jangan sampai sama-sama berharap, dia mengharapkan kabupaten, kabupaten mengharapkan dari provinsi,” jelasnya.

Tapi sambung dia, semua harus turun bukan hanya kabupaten dan provinsi “Saya akan panggil,” tegasnya.

Baca Juga:  BPBD-Diknas Berharap Materi Kebencanaan Masuk Kurikulum
error: Content is protected !!
Open chat
1
Assalamu Alaikum
Ada yang bisa kami bantu?

Gratis Berlangganan, klik Subscribe

Selamat anda telah berlangganan Gratis

There was an error while trying to send your request. Please try again.

mandarnesia.com will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.