Sosok Inspiratif Sepanjang 2018 di Sulbar

Sosok Inspiratif Sepanjang 2018 di Sulbar

H. Ramlan Badawi, Empati 1000 Lindu

Masih teringat jelas ketika Indonesia dirundung duka akibat bencana alam menimpa sebagian wilayah Indonesia di sepanjang tahun 2018. Sebutlah gempa Lombok 6,4 SR pada Juli lalu. Pusat gempa 47 timur laut Mataram ini merusak puluhan rumah hingga ratusan nyawa melayang.

Dua bulan berikutnya, yakni pada  28 September melanda Palu dan Donggala, Sulteng. Gempa yang disertai tsunami dan fenomena langka bernama likuifaksi itu mengakibatkan Palu rata dengan tanah. Hingga ribuan warga yang berada di wilayah tersebut ikut menjadi korban.

Menurut BMKG, kuatnya getaran gempa Palu dan Donggala akibat pergeseran lempengan Palu Koro ini disinyalir mempengaruhi sesar Saddang. Mamasa Sulbar adalah salah satunya yang ikut terkena dampak kuatnya getaran lempengan itu.

Dalam dua bulan terakhir Mamasa tekah melewati 1000 kali gempa. Meski tak banyak menimbulkan korban namun, akibat getaran yang berkepanjangan mengakibatkan warga di wilayah itu harus mengungsi ke berbagai wilayah aman.

Kawasan ini dipimpin oleh sosok Bupati Mamasa, Ramlan Badawi. Bencana di awal periode keduanya menuntutnya memberikan pelayanan penuh. Ia bahkan harus turun tangan memberikan sosialisasi ke masyarakat untuk tidak panik. Ia mampu membangun koordinasi dengan instansi lain untuk ikut menjaga dan lebih tanggap terhadap bencana.

Ramlan pun tak ingin meninggalkan Mamasa. Dirinya bahkan ikut bersama warganya  merasakan suasana di tenda pengungsi. Bahkan makan dan tidur di sana.

Pages: 1 2 3 4 5 6 7 8
error: Content is protected !!
Open chat
1
Assalamu Alaikum
Ada yang bisa kami bantu?
%d bloggers like this: