Senator Ajbar : BLT APBD Solusi Tepat

6 views

Wonomulyo–Aksi protes pada data penerima bantuan sosial baik Bantuan Sosial Tunai ( BST ) maupun Bantuan Langsung Tunai (BLT) dana desa. Seperti yang terjadi saat penyaluran BLT di Desa Mombi, Kecamatan Alu, Kabupaten Polewali Mandar.

Ruwetnya kebijakan penetapan calon penerima sebab adanya kekacauan data seperti data DTKS yang seharusnya dapat terakomodir dalam BST namun dari tujuh ribuan data yang masuk hanya sekitar 62 yang tervalidasi. Beruntung ada tambahan data yang terakomodir melalui data Non DTKS sekitar 11 ribu lebih dan itulah yang tersalurkan dalam bentuk BST tahap pertama sekitar lima ribu lebih.

Di tengah pandemi covid 19 rakyat merasakan dampak sosial dan ekonomi yang mendalam  sehingga harus mendapat perhatian serius dari pemerintah. Dari sekian banyak kebijakan, bantuan sosial menjadi penyebab masih banyaknya rumah tangga yang sama sekali belum mendapatkan bantuan.

“Oleh sebab itu saya meminta pemerintah daerah (bupati) harus hadir di tengah rakyat dalam kondisi seperti sekarang ini. Saya menghargai kemauan Bupati Polman siap menyiapkan dana pribadi bagi yang belum mendapatkan, tetapi urgensinya bukan seperti itu harusnya pemerintah daerah bisa melakukan kebijakan BLT dari APBD KABUPATEN” Urai Senator Ajbar

“Apa susahnya melakukan Refocusing Anggaran untuk kepentingan rakyat. Tunda saja kegiatan pembangunan infrastruktur kalau alasannya para tukang mau kerja apa, maka solusinnya BLT APBD ini lebih jelas para tukang tidak usah kerja di tengah pandemi tetapi langsung bisa mendapatkan bantuan langsung tunai dari pemerintah daerah. Dan kebijakan inilah sesungguhnya diharapkan oleh pemerintah pusat seorang kepala daerah yang  KREATIF, RESPONSIF dan TANGGAP” Tambahnya.

Desakan kebijakan Bantuan Langsung Tunai (BLT) APBD menjadi kesimpulan dalam pertemuan singkat yang difasilitasi ketua DPRD Polman dengan APDESI Polman di kantor DPRD POLMAN, Senin (18/05/2020).

Baca Juga:  Kelompok Tani Terima Bantuan 105.000 Bibit Jagung

“Saya berharap DPRD POLMAN bersama APDESI Polman mendesak pak Bupati untuk mengeluarkan kebijakan BLT APBD sebagai solusi terbaik dalam kondisi rakyat yang lagi gamang” Tutup Ajbar.

(Rilis Tim Media Senator Ajbar)