Pertumbuhan Ekonomi Sulbar di Atas Target Nasional

oleh
Pertumbuhan Ekonomi Sulbar di Atas Target Nasional -

MAMUJU-Sesuai data yang dirilis Badan Pusat Statistik (BPS) Sulbar. Pertumbuhan ekonomi Sulbar pada tahun 2016 tumbuh di atas target nasional sebesar 6,03 persen.

Kepala BPS Sulbar Suntono mengatakan, potensi pertumbuhan perekonomian Sulbar sangat tinggi. BI telah memprediksi tumbuh 8 persen untuk tahun 2017.

“Perekonomian Sulbar itu digerakkan oleh sebagian besar anggaran-anggaran pemerintah, baik APBD maupun APBN. Ketika triwulan pertama realisasinya masih rendah, belum ada proyek-proyek jalan di Januari, Februari, Maret kecuali proyek yang dianggarkan tahun sebelumnya,” urai Suntono di Gedung Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Negara Sulbar, Mamuju, Senin (22/5/2017).

Meskipun pertumbuhan ekonomi Sulbar di atas dari target nasional, tapi perkembangan kontribusi perekonomian Sulbar terhadap perekonomian nasional masih sangat rendah hanya mencapai 0,29 persen.

“Pusat memasang target tinggi, karena pusat melihat potensi pertumbuhan ekonomi Sulbar sangat tinggi, acuannya, setiap pergerakan ekonomi kita dipantau oleh pusat,” jelas Santono.

Sekadar diketahui, pertumbuhan ekonomi Sulbar pada tahun 2011 capai10,73 persen, 2012 turun menjadi 9,15 persen, tahun 2013 turun 6,43 persen, tahun 2014 naik 8,86 persen, tahun 2015 turun menjadi 7,49 persen.
# SudirmanSyarif-BusriadiBustamin

Adv.
Baca Juga:  Tim Gabungan Razia Kos dan Wisma, Dua Positif