Ombudsman Harap Warga Awasi Pelayanan Publik

oleh

Reporter: Sudirman Syarif

TOPOYO, mandarnesia.com — Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Sulawesi Barat mendadak menyambangi Puskesmas Topoyo, Kabupaten Mamuju Tengah.

Kunjungan tersebut, selain sebagai tindak lanjut pendampingan peningkatan kualitas layanan dasar, Ombudsman RI Sulawesi Barat ingin melihat layanan secara langsung pada masyarakat.

“Puskesmas adalah ujung tombak pelayanan dasar kesehatan di tengah masyarakat. Sehingga kita perlu meningkatkan kuantitas kunjungan kami. Dalam sebulan terakhir, tim kami sudah turun sebanyak dua kali ke puskesmas ini,” ungkap Lukman Umar, Jumat, (21/5/2021).

Kepala Perwakilan Ombudsman RI Sulawesi Barat, tersebut berharap layanan di Puskesmas Topoyo bisa terus prima, meskipun tak diawasi secara langsung oleh lembaga yang bertugas mengawasi pelayanan publik tersebut.

“Semoga dengan visinya untuk memberikan pelayanan bermutu dan mandiri kepada masyarakat, itu bisa diterapkan oleh petugas kesehatan yang sedang bertugas,” tambah Lukman.

Ombudsman Sulbar berharap, adanya partisipasi masyarakat dalam melakukan pengawasan terhadap setiap layanan yang ada. Agar layanan kesehatan tetap selalu prima.

“Karena masyarakat sebagai penerima manfaat secara langsung. Jadi kita harap semua terlibat dalam pengawasan tersebut. Sehingga kualitas layanan bisa semakin meningkat. Kita juga tadi sudah memberikan beberapa catatan kepada kawan-kawan Puskemas Topoyo terkait upaya perbaikan kualitas layanan mereka,” pungkas Lukman.

Adv.
Baca Juga:  Terima Kasih Ombudsman, Potongan Beasiswa Dikembalikan