ODP Covid-19 di Sulbar Mendekati Seribu, Bukti Mobilisasi Masih Terjadi

Reporter: Sudirman Syarif

MAMUJU, mandarnesia.com — Orang Dalam Pemantauan (ODP) wabah virus corona atau covid-19 di Sulawesi Barat mendekati angka seribu.

Data terbaru Dinas Kesehatan Sulbar Rabu 8 April 2020, ODP telah menyentuh angka 963. 418 selesai pemantauan, 544 masih dalam pemantauan.

Sementara jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) juga bertambah menjadi 17 orang dan kasus positif covid-19 masih tetap dua.

Juru bicara percepatan penanganan covid-19 Sulbar Safaruddin Sanusi DM menyampaikan, ODP terus meningkatkan akibat mobilisasi masyarakat yang terus menerus masuk ke Sulbar.

“Masyarakat yang masuk, kan kita tidak tutup jalanan dan tidak tutup bandara ini. Na begitu masuk dari Sulbar baik dari Palu dan Makassar kita sudah katakan itu dia sudah ODP,” katanya dalam video conference, Selasa (7/4/2020).

Sehingga kata dia, memang setiap hari bertambah. Walaupun tidak ada indikasi (Virus) tetap diterapkan bahwa yang bersangkutan ODP.

“Sehingga selalu bertambah, setelah diperiksa tidak ada indikasi, tapi begitu waspadanya kita, kita tetapkan sebagai ODP,” tutupnya.

Pemerintah jauh-jauh hari telah mengimbau kepada masyarakat yang berada di luar untuk tidak pulang ke daerah masing-masing. Hal itu untuk mengantisipasi penyebaran virus corona.

Imbauan tersebut juga diberlakukan agar tidak mudik Lebaran 1441 Hijriah.

Baca Juga:  Setelah Berakhir di DPD, Asri Rehat Dari Politik

redaksi

MANDARNESIA.COM sebuah organisasi media yang bertujuan mendorong perbaikan mutu jurnalisme. Gagasan besar ini untuk merespon makin tumbuhnya jurnalistik, dan media baru di Indonesia. Akses jaringan internet dan sarana yang mudah dijangkau saat ini memberi peluang bagi siapapun untuk bertindak apapun termasuk dalam memanfaatkan celah industri media baru, yakni proses media yang sangat berbeda dari metode jurnalistik sebelumnya.

error: Content is protected !!
Open chat
1
Assalamu Alaikum
Ada yang bisa kami bantu?