Masagena: Guru Harus Menguasai Metodologi

oleh
Masagena: Guru Harus Menguasai Metodologi -
Foto: Ist

MAMUJU– Salah satu kunci keberhasilan sebuah pendidikan khususnya di Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulbar, adanya keterlibatan masyarakat.

“Kunci keberhasilan sebuah pendidikan adalah keterlibatan stakeholder. Ini bisa tercapai jika lingkungan sekolah melibatkan masyarakat untuk membangun ide-ide cemerlang, agar mereka merasa memiliki dan merasa bertanggungjawab atas sebuah keberhasilan pendidikan,” kata Direktur Masagena Foundation Awaluddin, saat menggelar seminar yang menekankan pentingnya kualitas pendidikan di Sulbar, dengan tema Refresh Training Mbs, di Hotel Marannu Mamuju, baru-baru ini.

Dalam seminar itu, juga ditekankan pentinganya sebuah kualitas pembelajaran dan manajemen berbasis sekolah. Diharapkan peran serta masyarakat dalam membentuk Integrasi akan melahirkan sebuah sistem pendidikan yang berkualitas secara kognitif, pedagogi yang akuntabel, transparan, dan partisipatif.

“Seorang guru harus memahami kompetensi dan menguasai metodologi profesinya sebagai guru, sama dengan seorang kepala sekolah harus terbuka terhadap sistem pengelolaan dana-dana yang dikelola oleh sekolah, baik fisik maupun pengembangan kapasitas guru yang mengajar,” tuturnya.

Kegiatan yang dilaksanakan Masagena Foundation bekerjasama dengan Unicef, Kementerian Pendidikan Nasional Cq.Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Mamuju.

#SudirmanSyarif#BusriadiBustamin