Manajeman dan Perda Parkir Perlu Dibenahi

oleh
Manajeman dan Perda Parkir Perlu Dibenahi -
Kepala Dishub Sulbar Khaeruddin Anas (pegang mic) saat menghadiri acara diskusi/Foto: Sudirman Syarif

MAMUJU-Pendapatan potensi parkir yang sangat tinggi setiap daerah di Sulawesi Barat (Sulbar), harusnya bisa menjadi strategi setiap daerah untuk mendapatkan pemasukan yang lebih banyak.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Sulbar Khaeruddin Anas mengatakan, kurangnya pendatapan potensi parkir disebabkan manajemen parkir yang tidak terurus dengan baik.

“Karena yang namanya lahan parkir itu harus ada pelayanan, ada fasilitas yang disediakan oleh pemerintah daerah,” tuturnya kepada mandarnesia.com pada saat ditemui di D’Maleo Hotel, usai mengikuti kegiatan focus grup disscution Pengembangan Kota Mamuju menjadi Berbasis Smart City, Rabu (19/7/2019).

Analoginya sangat sederhana, bagaimana mungkin bisa mendapatkan retribusi jika sistem pengelolaannya tidak bagus.

“Bagaimana mau memancing ikan besar kalau pancingannya kecil,” katanya.

Menurutnya, potensi parkir yang ada di Sulbar sangat besar, namun tidak pernah dikelola dengan baik.

[perfectpullquote align=”full” cite=”” link=”” color=”” class=”” size=””] “Saya lihat manajemen perparkiran kita masih perlu dibenahi, termasuk sumber daya manusia. Jangan dinas perhubungan yang jaga parkiran, tugas mereka bukan itu,” ujarnya.   [/perfectpullquote]

Seharusnya pengelola parkir dipanggil dimana posisi parkir itu bisa dikelola, dirapikan, dan dibuatkan fasilitas yang layak.

“Nanti pihak ke tiga yang kelola, itulah yang ber-MoU dengan pemerintah dan hasilnya dibagi sesuai dengan apa yang kita inginkan,” jelas Khaeruddin.

#SudirmanSyarif/BusriadiBustamin

Adv.
Baca Juga:  Pesan Wakil Bupati Mamuju di Gerakan Bagi-bagi Masker dan Vitamin C