KPU Menunggu Perbaikan Bapaslon yang Belum Memenuhi Syarat

Reporter: Sudirman Syarif

MAMUJU, mandarnesia.com — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Mamuju mengumumkan hasil verifikasi dokumen syarat bakal pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Mamuju dalam Pilkada dalam 9 Desember 2020.

Hasil pleno tersebut, menetapkan kedua bakal pasangan calon Habsi Wahid-Irwan SP Pababari maupun Sitti Sutinah Suhardi-Ado Mas’ud dinyatakan Belum Memenuhi Syarat (BMS) dalam verifikasi syarat calon dokumen pendaftaran.

“Kedua bakal pasangan calon belum memenuhi syaratnya lantaran beberapa dokumen B1-KWK dan B2-KWK tidak sesuai format Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) nomor 9 tahun 2020,” kata Ketua KPU Mamuju Hamdan Dangkang, Senin (14/9/2020).

Dijelaskan Hamdan, para Bapaslon saat melampirkan dokumen B.1-KWK dan B.2-KWK masih berpedoman pada PKPU Nomor 1 Tahun 2020. Sedangkan aturan terbaru harus berpedoman pada PKPU Nomor 9 Tahun 2020.

KPU Mamuju memberi batas waktu selama tiga hari untuk melakukan perbaikan dokumen yang tidak sesuai dengan PKPU Nomor 9 Tahun 2020.

“Syarat calon statusnya masih BMS, karena masih ada dokumen yang BMS. Kalau ada satu saja yang BMS maka tetap saja statusnya BMS,” kata Komisoner KPU Mamuju Asriani.

Baca Juga:  MK Larang Pengurus Parpol Maju DPD, Asri: Saya Setuju

admin

MANDARNESIA.COM sebuah organisasi media yang bertujuan mendorong perbaikan mutu jurnalisme. Gagasan besar ini untuk merespon makin tumbuhnya jurnalistik, dan media baru di Indonesia. Akses jaringan internet dan sarana yang mudah dijangkau saat ini memberi peluang bagi siapapun untuk bertindak apapun termasuk dalam memanfaatkan celah industri media baru, yakni proses media yang sangat berbeda dari metode jurnalistik sebelumnya.

error: Content is protected !!
Open chat
1
Assalamu Alaikum
Ada yang bisa kami bantu?