fbpx

Jenis Ulat yang Menyerang Tanaman Jagung di Majene

Reporter : Busriadi Bustamin

MAJENE,mandarnesia.com-Ternyata, jenis ulat yang menyerang tanaman jagung di Majene, Lingkungan Galung, Kelurahan Malunda Kecamatan Malunda, adalah jenis ulat spodoptera atau ulat tentara.

Hal ini disampaikan Suyono Dosen Perlindungan Tanaman Fakultas Pertanian dan Kehutanan Universitas Sulawesi Barat (Sulbar). Ulat tersebut sama seperti yang telah menyerang areal pertanaman jagung di daerah Jambi

“Serangan dari ulat tersebut bisa dipengaruhi oleh iklim pada musim hujan di lahan kering dan musim kemarau di lahan sawah. Pertumbuhan dan perkembangan populasi ulat spodoptera dipengaruhi oleh faktor internal dari serangga itu sendiri. Dan faktor, luar yaitu makanan atau tanaman inang musuh alami dan iklim,” kata Suyono, Kamis (5/12/2019).

Selain itu ulat tersebut kemungkinan migrasi dari daerah lain. Dan daerah yang di tempati migrasi tidak ada musuh alaminya. Sehingga populasinya meningkat dengan cepat.

“Ulat tentara bisa menyerang lebih dari 80 spesies tanaman. Sehingga dapat menyebabkan kerusakan pada beberapa sereal dan tanaman yang memiliki nilai ekonomi penting, seperti jagung padi sorgum jewawut juga tanaman sayur dan kapas,” ujarnya.

Untuk mengatasi hama ulat tersebut,  lanjut Suyono, bisa di lakukan dengan dua tindakan, yaitu  tindakan pencegahan sebelum terserang dan tindakan pengendalian ketika telah di serang.

Untuk tindakan pencegahan, pertama benih dan varietas yang digunakan memiliki daya kecambah yang baik dan bebas dari penyakit. Kedua, melakukan waktu penanaman yang tepat waktu dan menghindari waktu penanaman yang tidak seragam pada satu lahan. Untuk menghindari ketersediaan tanaman inang hama ini secara terus menerus.

Komentar Anda
Baca Juga:  3.000 Lebih Pendaftar Berebut 67 Kursi CPNS di Pemkab Majene
error: Content is protected !!