Gelar Nobar World Cup 2022 Tidak Bisa Sembarang, Ini Caranya

oleh
Penjelasan SCM tentang hak siar Piala Dunia 2022 dan Liga Inggris.. (Sumber: Liputan6.com)
Penjelasan SCM tentang hak siar Piala Dunia 2022 dan Liga Inggris.

MANDARNESIA.COM, WorldCup2022 — Piala Dunia 2022 dan Premier League 2022/2023 sudah di depan mata. Anda mungkin akan menggelar nonton bareng atau nobar, namun kita tidak bisa secara bebas menggelar nobar tersebut, harus ada izin dulu. Mau tahu bagaimana cara menggelar nonton bareng laga-laga Piala Dunia 2022 Qatar dan Premier League? simak panduannya yang dilansir dari Bola.net dan Liputan6.com.

Hak siar atau lisensi penyiaran laga-laga Piala Dunia 2022 dan Premier League 2022-2025 secara eksklufif dipegang oleh PT Surya Citra Televisi (SCTV), PT Indosiar Visual Mandiri (INDOSIAR), PT Vidio Dot Com (VIDIO) dan PT Mediatama Televisi (NEX PARABOLA). Secara bersama-sama bisa disebut sebagai Grup SCM.

Sumber: SC Liputan6.com
Sumber: SC Liputan6.com

IEG memiliki hak untuk melakukan kegiatan sosialisasi, pemasaran dan pengawasan izin penyelenggaraan kegiatan nonton bareng/nobar (public viewing) tayangan Piala Dunia 2022 dan Premier League 2022/23, 2023/24, 2024/25; menunjuk mitra untuk pelaksanaan penyelenggaraan kegiatan nobar tayangan Piala Dunia 2022 dan Premier League di seluruh wilayah negara Republik Indonesia.

“Segala bentuk tayangan Piala Dunia FIFA dan Liga Inggris 2022-2025 melalui saluran resmi hanya terbatas untuk penggunaan pribadi sehingga dilarang digunakan untuk kepentingan apa pun, khususnya untuk kepentingan komersial. Kecuali telah mendapat izin secara resmi dan tertulis terlebih dahulu dari Grup SCM atau dari IEG khusus untuk penyelenggaraan kegiatan nonton bersama (public viewing) di berbagai tempat seperti restoran, kafe, pub, hotel, apartemen, commercial unit, mall, area publik, bioskop, lapangan, dan lainnya,” tulis pihak IEG seperti dilansir pada liputan6.com.

SCM juga menyiapkan langkah tegas terkait aksi pembajakan konten Piala Dunia 2022 dan Premier League. Saat ini, SCM telah bekerja sama dengan Bareskrim Polri dan Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan HAM RI (Kemenkumham) untuk memastikan aksi tegas tersebut.

Bagaimana Cara Bikin Nobar yang Resmi? SCTV, Indosiar, Vidio dan Nex Parabola menunjuk PT Indonesia Entertainmen Grup (IEG) sebagai mitra/partner resmi terkait kegiatan nonton bareng/nobar (public viewing) Piala Dunia 2022 dan Liga Inggris musim 2022/23, 2023/24, 2024/25 di seluruh wilayah negara Republik Indonesia.

Bagi pihak-pihak yang bermaksud untuk melakukan kerjasama terkait dengan penggunaan saluran (channel) Champions TV untuk kegiatan public viewing (nonton bareng), maka dapat menghubungi:

Alamat PT Indonesia Entertainmen Grup: SCTV Tower, Senayan City Lantai 11, | Jl. Asia Afrika Lot. 19 Jakarta Contact Person: Louisa Mayreza – Email: mayreza@ieg.co.id
Lanti Nurcahyawati | lanti.nurcahyawati@ieg.co.id | Telepon: 021 – 27935555 ext. 7211.

Liputan.com juga melansir alur pendaftaran yang dimulai dari proses pendaftaran sebagai berikut:
– Venue menginformasikan nama, alamat, kapasitas, dan apakah terdapat penjualan Hard Liquor selain golongan A.
– IEG memberikan Proposal Public Viewing atau Nonton Bersama Premier League dan FIFA World Cup 2022.
– Setelah mendapatkan proposal, pihak venue konfirmasi melakukan pendaftaran sebagai Partner Nonton Bersama.
– IEG mengirimkan FIP (Form Izin Penayangan) dan meminta dokumen (copy) NPWP dan KTP dari pihak venue untuk proses administrasi.
– Finance IEG mengirimkan email proforma invoice/invoice
– Venue konfirmasi sudah melakukan transfer/pembayaran
– IEG mengkonfirmasi pembayaran dan venue resmi terdaftar sebagai Partner Nonton Bersama.

Kemudian Setelah FIP lengkap sudah diisi oleh pihak venue, FIP dikembalikan ke IEG dalam bentuk soft file/scanned document. IEG submit informasi venue di website IEG sport hub di link: ieg.id/nobar. Setelah proses penginputan informasi di website IEG, pihak IEG akan mengirimkan Barcode yang apabila di-scan oleh kamera hp akan muncul informasi kerjasama venue yang masih aktif dengan kode warna hijau dan apabila status sudah inactive akan muncul kode berwarna merah. IEG memberikan Template Flyer Promo Nonton Bersama ke Pihak Venue. (Sumber: Bola.net-Liputan6.com)