Buatkan Perda Khusus Balabalakang

oleh
Buatkan Perda Khusus Balabalakang -

MAMUJU-Aliansi Peduli Kepulauan Balabalakang mendesak DPRD Kabupaten Mamuju segera membuat perda khusus Balabalakang.

Hal itu disampaikan Kepala Desa Balabalakang Timur Bahtiar Salam, usai hearing bersama anggota DPRD Mamuju di lantai 2, Senin (20/3).

Menurut Bahtiar, ada beberapa poin penting sebagai tuntutan Aliansi Peduli Kepulauan Balabalakang. Dari 6 poin hasil diskusi pada Sabtu (18/3) di warkop Ngalo kemarin, hanya ada 3 yang digaris bawahi dalam hearing bersama anggota DRPD Mamuju.

Pertama kata Bahtiar, mendesak DPRD Kabupaten Mamuju untuk membentuk perda khusus Balakabalakang. Sebagai perlakuan khusus dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Termasuk aspek pendidikan, layanan kesehatan, kemudian infrastruktur-infrastruktur yang lain, beserta peningkatan ekonomi masyarakat di sana,” katanya.

Kemudian kedua, selain mendorong perda khusus, masalah Kalimantan Timur mendesak kepada DPRD Mamuju untuk membentuk pansus. “Dimana pansus ini bekerja untuk menyelidiki berkaitan masalah Kalimantan Timur, dimana isu yang berkembang rencana tata ruang dan wilayah Kalimantan Timur perda nomor 1 tahun 2016, itu dimasukkan Balakbalakang sebagai RTRW. Ini kami harapkan bisa tuntas, supaya tidak ada lagi klaim mengklaim. Karena ini pelajaran besar bagi kita semua dengan lepasnya Pulau Lereklerakang ke Kalimantan Selatan dari Kabupaten Majene,” tegasnya.

Ketiga, permasalahan abrasi pantai. Menurutnya, ancaman itu ada dua, yakni, klaim Kalimantan Timur dan alam itu sendiri. Alam tidak bisa dipandang enteng. Dia pelan tapi pasti.

“Abrasi pantai ini dan aspirasi ini, setiap tahun kita mohonkan melalui musyawarah pembangunan, tapi sampai saat ini belum ada. Hampir selesai periode saya, bahkan pendahulu saya sudah usulkan. Mantan Bupati SDK, mantan pak Gubernur Sulbar AAS, mantan Ketua DPRD Sulbar H4, mantan Ketua DPRD Mamuju Thamrin Endeng, tapi semua realisasinya tidak ada. Kita juga berharap dari 6 poin rekomendasi ini, bisa semuanya diakomodir DPRD Kabupaten bersama dengan Pemerintah Kabupaten Mamuju,” harap Bahtiar.

Baca Juga:  Pulau Ambo Bakal Tenggelam

#BusriadiBustamin

Adv.