Anwar Sewang: RPJMD Jangan Kesampingkan Toleransi Beragama

oleh
Anwar Sewang: RPJMD Jangan Kesampingkan Toleransi Beragama -

MAMUJU – Dr. H. Anwar Sewang berharap implementasi tolerasi beragama tidak dikesampingkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Sulawesi Barat tahun 2017-2022.

Menurutnya, RPJMD tersebut, sedikit sekali membicarakan masalah kerukunan antar umat beragama. Pusat dan daerah harus terintegrasi agar proaktif. Jangan tiba masa tiba akal.

“Antara umat beragama itu tidak saya temukan di situ. Padahal di dalam Kementerian Agama, itu ada. Dan harus di implementasikan,” ucapnya kepada Mandarnesia.com setelah menghadiri undangan uji publik RPJMD yang digelar di ballroom Hotel D’maleo Mamuju, Selasa (29/8/2017).

Lanjut Anwar yang juga menjabat sebagai ketua umum dewan pimpinan pusat ikatan masjid musala al-muttahida, masalah yang banyak dihadapi sekarang adalah persoalan agama.

“kita beruntung di Sulbar tidak sama dengan Sulsel. Mereka jauh lebih hetrogen. Di mana aliran syiah dan pemburu aliran sesat lebih banyak,” tuturnya.

Interen umat beragama, ucap Anwar, jauh lebih sulit. Dan itu yang kurang dalam RPJMD. Saya sudah masukkan ke dalam Kakanwil Kementerian Agama, bagaimana membangun rumah kerukunan antara umat beragama.

Anwar juga berharap, hasilnya RPJMD ini jauh lebih baik. Karena kita sebagai putra daerah diberi kesempatan untuk memberi masukan kepada pemerintah.

RPJMD masih sedang dalam pembahasan dan akan dibacakan hasilya Rabu, (30/8/2017) besok.

#SudirmanSyarif