Alokasi APBN Sulbar 2018 Rp 9,9 Triliun

0 views

MAMUJU – APBN untuk Provinsi Sulbar tahun 2018 mendapat anggaran sebanyak Rp.9,9 triliun. Alokasi melalui DIPA Kementerian Negara atau lembaga sebesar Rp.3,3 triliun dan alokasi dana transfer ke daerah sebesar Rp.6,6 triliun.

Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sulbar, Saiful Islam mengatakan, alokasi dana DIPA Sulbar dari tahun sebelumnya mengalami peningkatan Rp.300 miliar.

Menurut dia, untuk mengenjot pertumbuhan pada tahun 2018 tersebut diperlukan upaya pengelolaan anggaran lebih baik dari pemerintah.

“Kalau ada kegiatan lelang harus segera dilakukan setelah ini diterima. Kedua, pejabat pengelola keuangan harus segera ditunjuk jangan lagi menunggu beberapa saat. Begitu tahun 2018 terjadi langsung segera dilaksanakan,” kata Saiful Islam usai pelaksanaan kegiatan Penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Dana Transfer ke Daerah Tahun Anggaran 2018 Lingkup Provinsi Sulawesi Barat, Selasa (19/12/2017).

Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sulbar Saiful Islam (Foto: AKP).

Ia menilai indikator penilaian kinerja pengelolaan keuangan di Sulbar masih berada dalam tingkat rata-rata baik secara nasional.

“Indikasi kemampuan dari satker untuk menyerap anggaran itu di atas 92 persen rata-rata nasional. Kedua, kalau ada permasalahan yang berkaitan dengan pelaksanaan anggaran rata-rata satker di Sulbar segera menyelesaikan sehingga tidak terhambat,” ujarnya.

Sementara itu, Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar (ABM) berharap kepada setiap OPD agar segera melakukan tindak lanjut dalam mengelolah anggaran yang telah diterima.

“Mudah-mudahan ini bisa menjadi motivasi bagi penerima untuk meningkatkan kualitas tata kelola keuangan dan peningkatan pelayanan kerja,” simpulnya.

#Ayubkalapadang

Foto: AKP

Baca Juga:  Smith Handed His Place in History