fbpx

Alamsyah : Terjadi Tren Penurunan Kasus DBD

MAMUJU,mandarnesia.com-Hingga bulan Maret 2019, angka Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kabupaten Mamuju, mencapai 133 orang. Namun Dinas Kesehatan (Dinkes) Mamuju menyebut, terjadi penurunan kasus DBD.

“Kalau kita melihat tren kasus sebenarnya ada penurunan dari bulan ke bulan. Bulan Mei itu hanya 23 kasus. Paling banyak pada bulan Februari 50 kasus, Januari 40. Total kasus Januari sampai Mei 133 orang. Itu positif DBD,” kata Alamsyah Thamrin Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Mamuju, Jumat (21/6/2019).

Kasus DBD tersebut tersebar di beberapa kecamatan. Kecamatan Mamuju, Simboro, dan Tappalang.

“Jadi ini kasus bukan hanya satu titik, tapi beberapa kecamatan. Untuk mengetahui positif DBD harus melalui pemeriksaan laboratorium rumah sakit. Puskesmas hanya melihat gejala-gejala DBD,” tuturnya.

Olehnya itu, peran serta masyarakat sangat dibutuhkan. Utamanya tetap menjaga perilaku hidup bersih dan sehat. Seperti menguras bak mandi, bak penampungan air. Minimal dua kali sebulan.

“Jangan nanti ada kasus baru kita panik menguras bak-bak penampungan air. Itu bukan solusi. Ada kasus tidak ada kasus, kita harus rutin membersihkan bak-bak penampungan dan saluran- saluran air,” jelas Alamsyah.

Reporter : Busriadi Bustamin

Baca Juga:  Himagrotek Unasman Petik Berkah 10 Muharam
error: Content is protected !!
Open chat
1
Assalamu Alaikum
Ada yang bisa kami bantu?
%d bloggers like this: