18 Minggu Mengabdi Akhirnya Dilepas

oleh

Laporan: Naim Irmayani

MANDARNESIA, Tubbi Taramanu – Malam Ramah Tamah dan Penarikan Program Kampus Mengajar Angkatan 3 (KM 3) di SDN 029 Besoangin Desa Besoangin Utara, resmi pamit, Selasa, 28 Juni 2022.

Program kampus mengajar merupakan salah satu dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang terintegrasi langsung dengan mata kuliah. Kegiatan praktik yang dilakukan di sekolah akan dikonversi dengan mata kuliah mahasiswa.

Kampus Merdeka merupakan bagian dari kebijakan Merdeka Belajar oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia yang memberikan kesempaatan bagi mahasiswa dan mahasiswi untuk mengasah kemampuan sesuai bakat dan minat dengan terjun langsung ke dunia kerja sebagai persiapan karier masa depan. (kampusmerdeka.kemdikbud.go.id).

Empat mahasiswi Unasman selama 18 minggu berkegiatan dilepas oleh seluruh masyarakat desa Besoangin Utara.

Desa terpencil yang berada di ujung Kecamatan Tutar tersebut merupakan desa dengan penduduk yang masyarakatnya sangat ramah, peduli dengan kedatangan orang luar dan sangat tinggi rasa gotong royongnya.

Pada acara tersebut, hadir Kepala Desa Besoangin Utara, Kepala Sekolah SDN 029 Besoangin (Saleh) , Dewan guru, Staf Desa Besoangin Utara, masyarakat desa Besoangin Utara.

“Malam ini saya mewakili teman-teman mahasiswa  program kampus mengajar angkatan 3 dari Universitas Al Asyariah Mandar yang ditugaskan di SDN 029 Besoangin telah resmi menyelesaikan tugas. Sebagai penanda usainya tugas kami di sekolah ini saya ingin memberikan ucapan terima kasih khususnya kepada keluarga besar SDN 029 Besoangin dan keluarga besar Desa Besoangin. tentu  kegiatan ini tidak akan bisa berjalan sampai sekarang tanpa kerja sama dari kita semua,” ucap Lisna perwakilan mahasiswa Unasman.

Lisna juga dalam sambutannya mengucapkan terima kasih karena telah memberikan bimbingan termasuk bantuan kepada kami menyelesaikan tugas selama menjalani kegiatan di Besoangin Utara.

Baca Juga:  Aksi Peduli Lingkungan HMTI UNASMAN

“Tidak lupa kami mengucapkan rasa syukur karena telah disambut dengan sangat ramah saat memulai program kampus mengajar di sekolah dan di desa ini. Begitu sampai di sini, kami semakin bersemangat karena dapat sambutan hangat,” lanjut Lisna.

Saleh, Kepala Sekolah SDN 029 diakhir sambutannya melepas mahasiswa KM 3. Pihak sekolah merasa sangat terbantu dengan kehadiran mahasiswa.

Pada acara tersebut, ada pemberian hadiah terkait beberapa aktivitas yang telah dilakukan bersama siswa. Harapannya agar SDN 029 Besoangin mendapat perhatian lebih dari pemerintah tentu akan menjadi doa panjang. (wm)

Adv.